Caleg Demokrat kalah, simpatisan tutup pelelangan ikan

Rabu, 16 April 2014 - 17:18 WIB
Caleg Demokrat kalah, simpatisan tutup pelelangan ikan
Caleg Demokrat kalah, simpatisan tutup pelelangan ikan
A A A
Sindonews.com - Kalah dalam pemilihan legislatif (Pileg) yang baru saja digelar, massa simpatisan dari salah seorang caleg nekat menutup pelabuhan pelelangan ikan di Palopo. Selain itu mereka juga membakar ban.

Aksi tutup jalan itu sebagai ungkapn tidak puas terhadap PPK Wara Timur dan KPU Palopo yang tidak mau membuka kotak suara di TPS 7 Kelurahan Ponjolae, Kecamatan Wara Timur. Mereka meyakini terjadi kecurangan.

Aksi simpatisan berjumlah ratusan itupun praktis membuat aktivitas pelelangan ikan lumpuh total.

Caleg yang kalah dalam pertarungan Pileg adalah Munsir Umar dari Partai Demokrat. Caleg dengan nomor urut tujuh itu menilai terjadi kecurangan dalam penghitungan suara.

Mereka mendesak menuntut agar KPU dan PPK Wara Timur membuka kotak suara dan melakukan perhitungan ulang. "Ada kecurangan, dan harus dilakukan coblosan ulang," kata Munsir, Rabu (16/4/2014).

Aksi blokir jalan itu diakui Munsir dirinyalah yang memerintahkan. Sebab, jalan menuju pelelangan ikan merupakan tanah orangtuanya yang dihibahkan untuk kepentingan umum.

Sementara itu, Kapolres Kota Palopo AKBP Muh Guntur langsung memerintahkan anggotanya turun ke lokasi untuk menormalkan arus lalu lintas.

Guntur juga sempat bernegosiasi dengan Munsir dan massa pendukung agar segera membuka jalan. Akhirnya disepakati untuk membuka jalan setelah ban telah habis terbakar.

Berdasarkan hasil perhitungan suara di TPS 7 Ponjolae perolehan suara Munsir Umar hanya delapan suara. Sementara para saksinya dan warga sekitar merasa hasil perolehan tersebut tak masuk akal karena perolehan sebenarnya 20.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3420 seconds (0.1#10.140)