Ini nama-nama MKH yang menyidangkan Akil Mochtar

Kamis, 03 Oktober 2013 - 17:11 WIB
Ini nama-nama MKH yang...
Ini nama-nama MKH yang menyidangkan Akil Mochtar
A A A
Sindonews.com - Mahkamah Konstitusi (MK) telah menetapkan lima nama yang akan duduk dalam jajajaran Majelis Kehormatan Hakim (MKH). Kelima orang inilah yang nantinya akan menyidangkan Ketua Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar terkait dengan kasus suap yang sedang dialaminya.

Wakil Ketua MK Hamdan Zoelva mengatakan, pihaknya telah mengubungi nama-nama yang telah mereka usulkan dalam rapat pleno untuk masuk dalam MKH.

"Kami sudah menghubungi masing-masing para tokoh yang akan menjadi anggota Majelis Kehormatan Hakim. Yang secara lisan sudah mengemukakan ketersediaan secara lisan," kata Hamdan dalam keterangan persnya di Gedung MK, Jakarta, Kamis (3/10/2013).

Nama-nama tersebut dijelaskan Hamdan antara lain adalah dari unsur hukum hakim konstitusi yang diisi oleh Hakim Harjono. Kemudian dari unsur pimpinan Komisi Yudisial yakni Abbas Said.

"Dari unsur mantan ketua lembaga negara kita memilih Bagir Manan dan dari unsur mantan hakim konstitusi kita memilih Mahfud MD," ungkapnya.

Selain itu, dari unsur Guru besar senior, MK pun memutuskan Prof Hikmahanto Juwana. "Kami juga sudah mengundang para anggota majelis kehormatan untuk lakukan pertemuan yang pertama besok, pukul 14.00 WIB diKantor MK," tukasnya.

Hamdan menambahkan, MK sendiri nantinya akan menyiapkan seluruh perangkat yang diperlukan dalam rangka bekerjanya MKH. Sementara itu, mengenai susunan terhadap kelima orang tersebut, nantinya akan diserahkan langsung kepada lima orang yang telah ditunjuk.

Baca juga berita Pembentukan MKH jadi jalan bersihkan nama MK
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5954 seconds (0.1#10.140)