Wabah Corona, Pemerintah Tetapkan 155 Orang Berstatus Pasien dalam Pengawasan

Selasa, 03 Maret 2020 - 15:09 WIB
Wabah Corona, Pemerintah Tetapkan 155 Orang Berstatus Pasien dalam Pengawasan
Wabah Corona, Pemerintah Tetapkan 155 Orang Berstatus Pasien dalam Pengawasan
A A A
JAKARTA - Juru Bicara Pemerintahan terkait penanganan virus Corona, Achmad Yurianto menyatakan, pihaknya pada hari ini sudah melakukan pemerikasaan terhadap 155 orang.

"Di antaranya ada 2 positif yang kemarin itu. Ini data akumulatif (seluruh Indonesia)," ujar Yurianto di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (3/3/2020). (Baca juga: Cegah Corona, Imam Besar Masjid Istiqlal Ajak Rajin Berwudhu dan Jangan Panik )

Dia menjelaskan masih ada dua orang atau spesimen yang baru masuk dan masih dalam tahap pemeriksaan lebih lanjut. Menurut Yuri, sapaan akrabnya, seluruh spesimen diambil dari 44 rumah sakit dari 33 provinsi.

"Nah spesimen ini diambil dari mekanisme kewaspadaan kita bahwa semua orang yang masuk ke Indonesia yang berasal dari negara yang trasmisi human to human nya kita yakini ada, dan kuat. Ini kita jadikan kelompok orang dalam pemantauan," jelasnya.

Ditambahkan dia, dari 155 spesimen ini merupakan yang sudah ditelusuri pergerakannya oleh pemerintah termasuk berdasarkan data perjalanan yang mereka lakukan. Dari data tersebut, kata Yuri, jika ditemukan dari masing-masing mereka mengalami flu berat maka pasien itu masuk dalam kategori Pasien dalam Pengawasan (PDP).

"PDP ini lah yang kemudian kita periksa spesimennya. PDP ini yang data terakhir ada 155 orang itu. Sekarang masih berjalan terus," pungkas dia. (Baca juga: DPR Minta Negara Jamin Kerahasiaan Identitas Pasien Corona )
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8183 seconds (0.1#10.140)