Haedar Nashir Minta Berikan Kepercayaan dan Kawal Dewan Pengawas KPK

Sabtu, 21 Desember 2019 - 20:52 WIB
Haedar Nashir Minta Berikan Kepercayaan dan Kawal Dewan Pengawas KPK
Haedar Nashir Minta Berikan Kepercayaan dan Kawal Dewan Pengawas KPK
A A A
YOGYAKARTA - Ketua Umum Pimpinan Pusat (Ketum PP) Muhammadiyah Prof. Haedar Nashir meminta masyarakat Indonesia untuk berpikir positif dan memberikan kepercayaan kepada lima dewan pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dapat menjalankan tugas, amanat, dan kewajiban sebagai lembaga pengawas terhadap keberadaan KPK.

"Saya menaruh kepercayaaan siapa yang dipilih menjadi Dewas KPK. Apalagi ada beberapa yang memiliki reputasi baik," kata Haedar saat dimintai pendapatnya soal Dewas KPK usai memberikan keterangan catatan akhir tahun 2019 Muhammadiyah di kantor PP Muhammadiyah Jalan Cik Ditiro Yogyakarta, Sabtu (21/12/2019).

Menurut Haedar, meskipun memberikan kepercayaan, namun tetap harus ada kontrol dan dorongan kepada lima Dewas KPK bagaimana mereka menjalankan tugasnya sesuai dengan tugas konstitusional. Apalagi saat ini era terbuka, sehingga jika ada yang menyimpang akan diketahui. "Jangan biarkan mereka bebas dari kontrol publik," tandasnya.

Peran pengawasan juga perlu dijalankan oleh awak media sebagai penyeimbang demokrasi. Termasuk yang meragukan Dewas KPK, juga harus memiliki jiwa kenegarawanan. Mereka yang meragukan itu juga sebagai bentuk kontrol.

"Jadi sah saja ada yang menaruh kepecayaan dan pesimis. Tetapi lebih dari itu agar kelima Dewas KPK menjaga integitras. Namun perlu dicatat tidak ada bangsa yang tanpa masalah. Tapi bangsa yang besar, mampu menyelesaikan masalahnya,” terangnya.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8014 seconds (0.1#10.140)