Sebut KTT G20 Berhasil, Wapres: Amerika dan China Sudah Mulai Berdialog

Kamis, 17 November 2022 - 19:35 WIB
loading...
Sebut KTT G20 Berhasil, Wapres: Amerika dan China Sudah Mulai Berdialog
Wapres KH Ma’ruf Amin penyelenggaraan KTT G20 di Bali sukses. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengungkapkan sejumlah keberhasilan dari penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali yang dilaksanakan pada 15-16 November 2022.

Salah satu keberhasilannya yakni membuka dialog antara Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dengan Presiden China Xi Jinping, yang juga merupakan pertemuan pertama kedua tokoh. Mengingat, sejak lama hubungan AS dan China sempat mengalami ketegangan.

“Jadi dari pertemuan ini kan sudah banyak dicapai kesepakatan-kesepakatan dan itu saya kira keberhasilan kepemimpinan Indonesia di G20 sudah bisa kita lihat. Misalkan, Amerika dengan China sudah mulai bisa berdialog,” ungkap Wapres disela membuka Forum Halal 20, Kamis (17/11/2022).

Baca juga: KTT G20 Berlangsung Aman, Komisi III DPR Apresiasi Kinerja Polri

Bahkan, kata Wapres, dari gelaran KTT G20 juga berhasil menarik investasi dari berbagai negara ke Indonesia. “Kita berharap langkah-langkah (keberhasilan di G20) ini yang sudah itu akan terus kita lanjutkan. Dan juga tentu investasi dari berbagai negara itu ke Indonesia,” katanya.

Baca juga: Jokowi Apresiasi Semua yang Ikut Sukseskan KTT G20 di Bali

Wapres menilai, KTT G20 menjadi momentum untuk membangun kerja sama di berbagai bidang terutama menghadapi krisis yang akan datang. Termasuk, juga soal energi, finansial, juga perubahan iklim. “G20 ini kita harapkan sesuai dengan tema kita itu Bangkit Bersama, Pulih Bersama, dan ini kita jadikan momentum untuk membangun kerja sama baik di dalam masalah-masalah, terutama menghadapi krisis yang akan datang, termasuk soal-soal energi kemudian juga soal-soal yang menyangkut finansial dan juga perubahan iklim,” ungkapnya.

Wapres juga berharap KTT G20 ini bisa mengakhiri perang antara Ukraina dan Rusia yang hingga saat ini masih terus memanas. “Kita ingin dan mengharapkan perang itu berhenti.”
(cip)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2229 seconds (11.97#12.26)