Sinergi Keuangan Syariah

Rabu, 09 November 2022 - 06:32 WIB
loading...
A A A
Relevan
Dengan Indonesia menjadi pusat ekosistem syariah dunia menjadi suatu cita-cita positif untuk dapat dijadikan sebagai pelecut semangat terus mengembangkan ekonomi syariah di Tanah Air. Pada sisi lain sebelum mewujudkan hal tersebut menjadi penting bagi Indonesia untuk mengembangkan atau membumikan terlebih dulu ekonomi syariah di dalam negeri. Dengan demikian kembali lagi bahwa peran pemerintah, regulasi, dan masyarakat muslim harus selaras atau relevan.

Dalam hal ini peran pemerintah adalah memberi ruang bagi masyarakat untuk dapat mengembangkan keuangan syariah dan hal tersebut juga sudah dapat terlihat pada keseriusan MoU OJK dan MES dalam penyelenggaraan seminar. Pada sisi regulasi juga pada dasarnya sudah didukung dengan adanya beberapa undang-undang yang mengatur tentang ekosistem syariah dan yang berkaitan dengan hal tersebut.

Selain dua hal tersebut hal lain yang juga menjadi kunci penting dalam upaya pembumian keuangan syariah yaitu peran masyarakat. Mengajak masyarakat untuk kemudian membiasakan dengan diri dengan keuangan syariah memang bukan suatu hal yang mudah. Walaupun memang secara data populasi umat Islam Indonesia terhitung sangat besar. Maka MES dan OJK diharapkan dapat membaca hal tersebut guna memberikan solusi yang tepat dalam langkah pembumian keuangan syariah.

Dengan membangun sinergi tersebut tujuan Indonesia menjadi pusat ekosistem syariah dunia diharapkan dapat terwujud dengan disertai kuatnya potensi keuangan syariah yang ada di dalam negeri.
(bmm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1437 seconds (0.1#10.140)