Bola, Maulid Nabi, dan Pendidikan Karakter

Sabtu, 29 Oktober 2022 - 16:37 WIB
loading...
A A A
Evaluasi merupakan "jembatan" moral agar kita tidak menjadi orang sombong saat menang, dan tidak putus asa saat terpuruk.

Ketiga, sikap ikhlas. Sepak bola mengajarkan para pemainnya untuk ikhlas jika terjadi kekalahan pada timnya. Kekecewaan dan frustasi atas kekalahan adalah awal mula dari kehancuran.

Sikap ikhlas telah mengajarkan kepada para pemain, official, pelatih, dan juga supporter agar tidak mudah marah dan tersulut provokasi untuk melakukan tindakan kekerasan yang dapat mengancam fairness.

Keempat, sikap sabar. Dalam permainan bola, kesabaran menjadi sangat penting. Betapa pertarungan (duel) di lapangan kedua tim sering menimbulkan kesalahpahaman karena ketidaksengajaan dari lawan, sehingga sangat sering terjadi kericuhan antarpemain, pemain dengan wasit, pemain dengan suporter, atau suporter dengan suporter.

Kelima, syukur. Sepak bola sebenarnya juga mengajarkan tentang pentingnya syukur atas perolehan hasil. Tidak sedikit pemain bola yang selebrasi dengan "sujud syukur" atas kemampuannya menjebol gawang lawan. Sekecil apapun keberhasilan perlu disyukuri dengan cara-cara yang bermartabat, bukan dengan selebrasi yang berlebihan.

Tidak sedikit pemain bola yang berlebihan mengekspresikan "gol" yang justru menimbulkan kemarahan pemain atau suporter lawan. Apalagi dilakukan dengan sikap, gerakan atau simbol-simbol ejekan.

Keenam, kemurahan hati adalah sikap respek terhadap lawan. Beberapa sikap murah hati adalah menolong lawan saat terjatuh, mudah memaafkan atas perilaku negatif lawan baik disengaja maupun tidak. Pemain yang matang secara emosional selalu menunjukkan sikap empatik, sehingga sangat disegani kawan maupun lawan.

Ketujuh, sikap jujur. Jujur adalah sikap batin yang sangat mulia dalam petandingan apapun, apalagi sepak bola. Jujur menjadi kunci permainan bola berjalan fairness.

Dengan karakter mental jujur akan membangun persahabatan sejati antar manusia. Kejujuran akan "menekan" ego untuk berbuat curang. Tidak ada yang disembunyikan kecuali sikap terbuka dan saling menghormati antarpemain.

Kedelapan, cinta. Bola sesungguhnya mengajarkan juga tentang cinta. Sekian banyak pemain bola terkenal, seperti Ronaldo, Lionel Messi, Mezut Ozil, David Beckham (mantan) dan lainnya memiliki projek kemanusiaan melalui yayasan amal sebagai bentuk solidaritas bagi pihak yang membutuhkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4201 seconds (0.1#10.140)