Pentingnya Inovasi, Proteksi, dan Inklusi

Sabtu, 23 Juli 2022 - 14:32 WIB
loading...
A A A
Hal-hal di atas niscaya dapat membuat konsumen merasa lebih aman dan nyaman. Keamanan dan kenyamanan menjadi dua hal penting untuk membuat konsumen terus menggunakan layanan keuangan yang ada. Dengan demikian, inovasi pada sistem pembayaran dapat terus dilakukan dan diimplementasikan. Tentunya dengan mengedepankan proteksi data yang dimiliki konsumen.

Harapannya, inovasi dan proteksi akan mengantarkan kita pada inklusi keuangan yang terus meluas. Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) tahun 2019 yang dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menunjukkan indeks literasi keuangan sebesar 38,03% dan indeks inklusi keuangan sebesar 76,19%. Meskipun keduanya melampaui target yang telah ditetapkan, kedua indeks ini masih menjadi tugas seluruh pihak agar dapat ditingkatkan.

Perlindungan konsumen harus dilakukan dari dua sisi. Dari sisi konsumen, perlu mengikuti himbauan-himbauan yang ada. Contoh yang paling mudah adalah tidak membagikan PIN dan OTP kepada siapa pun. Dari sisi penyedia layanan, perlu memastikan kerahasiaan data konsumen. Apabila hendak melakukansharingdata, maka benar-benar harus menanyakan kembali kepada konsumennya.
(Tulisan ini adalah pandangan pribadi dan tidak mewakili lembaga tempat bekerja)
(ynt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1361 seconds (0.1#10.140)