9 Perbedaan Negara Demokrasi dengan Otoriter

Sabtu, 16 Juli 2022 - 20:51 WIB
loading...
A A A
6. Fungsi hukum

Hukum dalam negara demokrasi bertujuan untuk melindungi rakyat sehingga bersifat netral untuk semua penggar hukum akan mendapat hukuman yang berlaku.

Berbeda dengan negara demokrasi, fungsi hukum di negara otoriter digunakan untuk legitimasi program penguasa. Sehingga sifatnya bisa saja sewenang wenang demi kepentingan penguasa.

7. Cara penyelesaian masalah

Dalam negara demokrasi penyelesaian masalah dilakukan melalui perundingan atau diskusi sehingga menimbulkan sesuatu yang disepakati bersama. Sementara, penyelesaian masalah di negara otoriter ini diputuskan secara sepihak oleh penguasa.

8. Sistem politik

Keputusan rakyat sangat penting dalam negara demokrasi. Karena itu, dibentuk dewan parlemen yang mewakili rakyat dalam penyampaian aspirasinya.

Sementara, di negara otoriter hanya berlandaskan pada penguasa tanpa memperhatikan rakyat. Semua kebijakan ditentukan oleh pemerintah dan pihak penguasa.

9. Kebebasan berpendapat

Perbedaan negara demokrasi dengan negara otoriter yang terakhir yakni kebebasan berpendapat. Dalam negara demokrasi, hal ini berlaku bagi setiap orang. Sehingga semuanya bebas mengungkapkan pendapatnya termasuk rakyat kecil sekalipun. Sedangkan di negara otoriter, kebebasan berpendapat ini tidaklah berlaku. Segala kelompok atau individu yang menentang atau mengkritik penguasa maka akan ditumpas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0970 seconds (0.1#10.140)