9 Perbedaan Negara Demokrasi dengan Otoriter

Sabtu, 16 Juli 2022 - 20:51 WIB
loading...
A A A
Perbedaan negara demokrasi dengan negara otoriter berikutnya adalah pemegang kekuasaan tertingginya. Dalam negara demokrasi, pemegang kekuasaan dipegang oleh kedaulatan rakyat.

Sementara, pihak penguasa atau pemerintah menjadi pemegang kekuasaan tertinggi dalam negara otoriter. Sehingga, penguasa tidak memiliki batasan dalam kepemimpinannya.



4. Kebebasan pers

Kebebasan pers di negara demokrasi ini bebas dalam memberitakan segala hal yang berkaitan dengan pemerintahan selama itu valid dan bisa dipertanggungjawabkan.

Sementara, di negara otoriter pers dan media akan berjalan tertutup sehingga segala sesuatu tentang pemerintahan hanya diberitakan sesuai keinginan pemerintah.

5. Pembagian kekuasaan

Pada negara demokrasi pembagian kekuasaan ini sesuai dengan trias politika, dibagi menjadi tiga lembaga yakni eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Tidak ada kekuasaan mutlak.

Kekuasaan legislatif adalah membuat undang-undang, kekuasaan eksekutif adalah kekuasaan melaksanakan undang-undang dan roda pemerintahan, dan kekuasaan yudikatif adalah kekuasaan mengadili atas pelanggaran undang-undang.

Pembagian kekuasaan ini tidak ada dalam negara otoriter. Semua kekuasaan hanya terpusat pada satu pihak, sehingga pemimpin ini memiliki kekuasaan yang absolut atau mutlak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1388 seconds (0.1#10.140)