Pendidikan Tinggi dan Ketimpangan Pembangunan

Senin, 30 Mei 2022 - 10:33 WIB
loading...
A A A
Pendidikan harus selalu dapat menjalankan fungsi nyatanya atau fungsi manifestasinya dengan membantu memecahkan problematika yang di hadapi masyarakat maupun pemerintah daerah. Melalui pendekatan tersebut, diharapkan Perguruan tinggi akan menjadigame changerdalam menghadapi tantangan pembangunan yang semakin berat ditengah perubahan yang tidak bisa dihindari saat ini.

Demi mewujudkannya, maka Perguruan Tinggi perlu melakukan transformasi kelembagaan yang lebih kompleks dari sekadar pengembangan organisasi (organization development). Sebagai lembaga yang dibangun dari komunitas akademik yang bersifat kolegial, terbuka serta menjunjung tinggiacademic valueuntuk mencerdaskan bangsa, maka perubahan fundamental untuk dapat menghasilkan norma akademik, sosial, ekonomi dan kebersamaan merupakan kata kunci dalam transformasi sebuah perguruan tinggi.

Transformasi kelembagaan ini mencakup penyelarasan atau perancangan ulang dari strategi, struktur, sistem,stakeholders relation, staff, skills (competence),style of leadership, danshared value. Upaya transformasi kelembagaan ini diharapkan dapat merevitalisasi peran perguruan tinggi agar mampu berperan secara optimal dalam mewujudkanacademic excellence for education,for industrial relevance, for contribution for new knowledge,danfor environment. Semoga.
(ynt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1679 seconds (0.1#10.140)