Kurikulum SMK: Dilema Distribusi Lulusan

Kamis, 30 Desember 2021 - 06:35 WIB
loading...
A A A
Partisipasi Industri
Produk layanan pendidikan, secara simetris akan menjadi cermin produk lulusan SMK. Jika produk layanan pendidikan berkualitas, otomatis produk lulusan juga berkualitas. Keyakinan itu yang selama ini dipercaya masyarakat. Jika lulusan berkualitas, lembaga juga akan dianggap berkualitas.

Nah, jika dalam produk layanan pendidikan, peserta didik sebagai konsumen. Namun, dalam produk lulusan, lembaga pendidikan tinggi, instansi dan dunia industri yang merupakan konsumen. Sebab, para siswa yang sebelumnya belajar di lembaga telah menyandang status lulusan yang siap didistribusikan dalam dunia kerja.

Dunia industri adalah yang akan paling banyak menyerap lulusan SMK ini. Sehingga agar ada kesamaan paradigma dan kepentingan dalam menunjang dunia produksi industri, partisipasi aktif dunia perusahaan sangat dibutuhkan. Bahkan, lembaga SMK ini bisa jadi screening untuk merekrut tenaga kerja sebelum diverifikasi oleh bagian personalia.

Partisipasi dunia industri ini bisa berupa support sarana prasarana penunjang praktikum peserta didik, bisa juga dengan memberikan pendidikan character building (membangun watak) sebagai usaha menyiapkan angkatan kerja baru. Dalam partisipasi ini, industri juga secara langsung bisa memberikan pemahaman tentang performance bagaimana bisa bekerja dengan baik.

Sinergi antara SMK dan dunia industri ini perlu segera dibuatkan peraturan atau dimasukkan ke dalam kurikulum. Saat ini juga banyak lembaga SMK yang telah menjalin kerja sama dengan industri. Namun, kebanyakan dalam kerja sama itu hanya dalam menerima lamaran kerja setelah dinyatakan lulus.

Peserta didik saat ini perlu diberikan wawasan langsung dari industri yang telah menjalin kerja sama dengan SMK agar kerja sama yang dijalin ini efektif dalam penyerapan tenaga kerja. Dengan begitu, harapannya angka pengangguran dari lulusan SMK bisa berkurang drastis.
(bmm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1528 seconds (0.1#10.140)