Ganjar Optimistis Bisa Buka 17 Juta Lapangan Kerja dari Pengolahan Sampah

Senin, 05 Februari 2024 - 16:24 WIB
loading...
Ganjar Optimistis Bisa Buka 17 Juta Lapangan Kerja dari Pengolahan Sampah
Capres Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo mengungkapkan bisa membuka 17 juta lapangan kerja dari pengolahan sampah saat bertemu para pelaku sektor informal persampahan. Foto/MPI
A A A
BEKASI - Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo mengungkapkan bisa membuka 17 juta lapangan kerja dari pengolahan sampah saat bertemu para pelaku sektor informal persampahan.

Hal itu datang dari ide ekonomi sirkular yang diusung Ganjar yang punya dampak bagus jika bisa diselesaikan.



“Kemudian kalau bicara sampah organiknya bisa jadi (makan) maggot bisa untuk mendorong proses ketahanan pangan mulai dari supply chain yang ada, termasuk pakan ternak, kemudian bicara substitusi kalau mereka membuat protein untuk pakan ternak,” ujar Ganjar usai berkunjung ke Waste4Change di Bekasi, Jawa Barat, Senin (5/2/2024).

Ganjar menuturkan sudah bertemu dengan peternak maggot kemarin membuatnya tahu bahwa ada masalah cukup serius urusan suplai makan.

“Ini di pemerintah kota sudah memberi contoh, memberikan insentif bantuan sehingga bisa berjalan lancar,” kata Ganjar.

Capres yang diusung Partai Perindo ini melanjutkan masukan dari ibu-ibu penggerak Bank Sampah sudah bagus jika di kemudian ini bisa diberikan kepada masing-masing RW.

Ganjar memperkirakan mereka bisa menyelesaikan persoalan sampah dari awal dan ini butuh edukasi juga tidak semudah kita bayangkan. Tetapi ini contoh terbaik yang kemudian hanya tinggal mereplikasi saja atau regulatory sandbox, kemudian untuk diuji coba bisa dilakukan.

“Jadi membuka 17 juta lapangan kerja itu bukan sekadar buat pabrik investasi jadi pegawai, tapi juga bisa menjadi entrepreneur dengan contoh ini,” tutur Ganjar.



“Tinggal ada dua saja, kita membuat regulasi, yang kedua memberikan insentif kepada mereka atau bantuan kepada mereka,” pungkasnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1506 seconds (0.1#10.140)