Luhut: Sampai Hari Ini Varian Omicron Belum Ditemukan di Indonesia

Senin, 13 Desember 2021 - 16:12 WIB
loading...
Luhut: Sampai Hari Ini Varian Omicron Belum Ditemukan di Indonesia
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan memastikan hingga saat ini Covid-19 varian Omicron belum ditemukan di Indonesia. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan memastikan hingga saat ini Covid-19 varian Omicron belum ditemukan di Indonesia. Namun demikian, Luhut mengingatkan semua pihak agar tidak merasa aman. Pasalnya, ancaman itu masih terus mengintai apabila mobilitas tidak terkendali.

"Sampai dengan hari ini berdasarkan informasi yang diberikan oleh Kemenkes dari hasil genome sequencing yang terus dilakukan tidak ditemukan adanya kasus varian Omicron di Indonesia," ucap Luhut saat jumpa pers, Senin (13/12/2021).



Luhut juga menyampaikan pemerintah terus melakukan evaluasi proses karantina pelaku perjalanan luar negeri untuk memastikan pelaksanaan karantina dilakukan secara disiplin. "Salah satu kebijakan yang akan dilakukan adalah mengubah status PeduliLindungi pelaku perjalanan luar negeri menjadi hitam selama periode karantina," ungkap dia.



Sebagai informasi, pemerintah memperpanjang PPKM Jawa Bali selama tiga pekan mulai besok, Selasa (14/12/2021) hingga Senin (3/1/2022). Saat ini pemerintah tengah mewaspadai varian Omicron. Karenanya ada pembatasan akses masuk Warga Negara Asing (WNA) ke Indonesia di samping pengetatan durasi karantina bagi WNI ataupun WNA yang dikecualikan.

Kemudian, pemerintah juga tengah mewaspadai lonjakan kasus Covid-19 pada periode Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru). Kebijakan pengetatan pada sektor tertentu pun dibuat meski tidak jadi melakukan penyeragaman PPKM.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1285 seconds (0.1#10.140)