Menuju Tatanan Baru New Normal

Senin, 08 Juni 2020 - 07:29 WIB
loading...
Menuju Tatanan Baru New Normal
Foto: dok/SINDONews
A A A
M. Muchlas Rowi
Komisaris independen PT Jamkrindo

Pandemi Covid-19 memang peristiwa luar biasa. Krisis ini tak hanya merusak kesehatan sebagai aset terpenting kehidupan manusia, namun juga mengubah hampir semua aspek kehidupan.

Setidaknya separuh penduduk dunia terkunci di dalam rumah, terpenjara dalam dinding-dinding yang dibuat sendiri. Tak banyak aktivitas yang bisa dilakukan di luar rumah. Semua dikontrol dan dikerjakan dari rumah. Belajar, bekerja, dan beribadah di rumah.

Para pakar psikologi menengarai ada sejumlah perubahan perilaku yang muncul selama pandemi. Mulai dari kecemasan berlebihan, kesepian, dan depresi yang kian meningkat. Secuil peristiwa emosional yang meletup pun berpotensi menjadi huru hara besar.

Seperti kita saksikan saat ini di Minneapolis Amerika Serikat. Berawal dari adanya dugaan penggunaan uang palsu saat berbelanja di toko makanan, Negeri Paman Sam saat ini tengah berada di ujung nadir karena protes yang luas berkecamuk di hampir seluruh negeri, bahkan mengundang gerakan solidaritas internasional. Dari sini kita atau siapa pun mestinya semakin yakin, jika pandemi covid -19 adalah peristiwa nyata, dan efeknya begitu kentara.

Anehnya, narasi yang menganggap pandemi covid-19 beserta lika liku hidup di dalamnya bersifat sementara justeru tumbuh subur. Mereka menganggap, ketika jumlah korban yang terinfeksi dan meninggal dunia telah mencapai puncak, lalu secara berangsur mulai mengalami penurunan, krisis covid-19 pun akan berakhir.

Tidak heran jika banyak pihak yang menunggu perkembangan. Enggan melakukan upaya ekstra atau paling tidak melakukan antisipasi, karena adanya anggapan badai pasti berlalu. Keadaan akan segera normal seperti sediakala. Sandyakalaning Covid-19. (Baca: IDP Tegaskan New Normal Tak Berarti Pelonggaran Protokol Kesehatan)

Tak sekadar wait and see, sesat pikir juga menyusup dalam kepala. Menganggap wacana new normal yang digulirkan teramat berbahaya dan imajinasi belaka. Seumpama katak yang direbus di atas panci, ada orang yang merasa cukup dengan bertahan dan tak perlu menanggapi perubahan akibat pandemi.

Ketika masuk dalam panci dan mulai timbul gelembung halus dari air bagian bawah, respon katak hanya diam. Beberapa menit kemudian, muncul gelembung kecil dan bergerak ke permukaan, tapi katak tetap diam.

Bahkan, ketika gelembung kian membesar dan air sampai pada titik didihnya, katak tetap diam. Hingga akhirnya, dia tak lagi memiliki waktu untuk melompat dan harus rela menjadi swike.

Genealogi New Normal

Dalam kondisi kedaruratan, semua hal memang bisa terjadi, termasuk munculnya sindrom “katak rebus” seperti ilustrasi di atas. Karena itu penting untuk mengelola emosi, narasi, dan juga aksi nyata untuk menyampaikan informasi yang sesungguhnya soal pandemi ini.

Covid-19 betul-betul telah menciptakan perubahan yang tidak dapat dipulihkan (irreversible changes), sementara perubahan tersebut di masa selanjutnya menjadi permanen (changes permanently). Selama vaksin belum berhasil ditemukan, selama itu pula kita akan menjalani kehidupan yang tidak normal. Kalaupun vaksin berhasil ditemukan, maka yang terjadi justru kita akan meninggalkan kebiasaan lama atau old normal menuju kebiasaan baru atau new normal.

Teminologi new normal pertama kali dibuat dan dipopulerkan Roger Mcnamee pada 2004. Menurut pebisnis sekaligus musisi ini new normal atau normal baru menunjukkan sebuah situasi pasca-krisis ekonomi (2007-2008) dan resesi global (2008-2012) yang membutuhkan aturan baru dalam aktivitas bisnis.

Istilah ini muncul dari konteks mengingatkan kepercayaan para ekonom dan pembuat kebijakan bahwa industri akan dioperasikan dengan cara terbaru mereka setelah mengalami krisis. Sejak itu, new normal digunakan dalam berbagai konteks lain untuk menyiratkan bahwa sesuatu yang sebelumnya tak normal telah menjadi biasa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1755 seconds (0.1#10.140)