Pemberlakuan Normal Baru di Zona Hijau Tergantung Kesiapan Daerah

Kamis, 04 Juni 2020 - 20:28 WIB
loading...
Pemberlakuan Normal Baru di Zona Hijau Tergantung Kesiapan Daerah
Pemberlakuan normal baru di zona hijau tergantung masing-masing daerah. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 yang juga Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo mengatakan waktu pemberlakuan normal baru atau new normal di zona hijau tergantung masing-masing daerah. Terutamanya terkait kesiapan daerah-daerah tersebut. “Masalah zona hijau kapan dimulai tergantung dari kesiapan daerah,” katanya seusai rapat terbatas, Kamis (4/6/2020),

Dia mengatakan jika kepala daerah sudah melalui tahapan dan berkoordinasi dengan berbagai pihak bisa saja melakukan pembukaan aktivitas. Namun jika dinilai belum memungkinkan maka tidak masalah untuk tetap ada pembatasan. (Baca juga: Tetapkan New Normal, Daerah Harus Penuhi Tiga Kriteria Aman Covid-19)

“Jadi kita serahkan pada daerah. Daerah lah yang tahu apa yang harus mereka lakukan. Kita dari pusat memberikan arahan, kita memberikan guidance supaya daerah juga punya semangat yang tinggi untuk menjaga lingkungannya. Tetapi juga harus tetap memperhitungkan potensi adanya masyarakat yang kehilangan pekerjaan,” ungkapnya.

Doni menyebut, pada pekan lalu sudah diumumkan sebanyak 102 daerah masuk dalam zona hijau. Menurutnya masyarakat yang bangga bahwa daerahnya tidak terpapar Covid-19. (Baca juga: Istana Kepresidenan Mulai Terapkan New Normal)

“Ini kita harapkan harus selalu ada semangat dari tiap-tiap daerah untuk menciptakan suasana mereka bebas Covid. Tanpa ada kerja sama kita tidak mungkin kita sukses dan kita juga tidak mungkin hanya bersandar kepada tenaga medis. Jadi seluruhnya ini butuh gotong royong,” katanya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1766 seconds (0.1#10.140)