Meski Kasus Corona Turun, Kemenkes Tetap Siagakan 4.300 Relawan Nakes

loading...
Meski Kasus Corona Turun, Kemenkes Tetap Siagakan 4.300 Relawan Nakes
Kemenkes tetap menyiagakan sebanyak 4.300 relawan tenaga kesehatan (nakes) meski kini pasien yang dirawat akibat terpapar virus Corona (Covid-19) menurun. Foto/SINDOnews/Ilustrasi
JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tetap menyiagakan sebanyak 4.300 relawan tenaga kesehatan ( nakes ) meski kini pasien yang dirawat akibat terpapar virus Corona (Covid-19) menurun, sejalan dengan penurunan kasus setiap harinya.

Baca juga: Kemenkes Bayarkan Insentif Nakes Sebesar Rp7,4 Triliun

Plt Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kemenkes, Kirana Pritasari mengatakan, sejak Januari-September 2021 jumlah relawan yang direkrut sebanyak 7.000 orang.

Baca juga: Kisah Nakes Gerald Sokoy Terjun ke Jurang Sedalam 300 Meter saat Diserang KKB



"Untuk periode 2021 dari Januari hingga September ini, lebih dari 7.000 yang direkrut oleh Kementerian Kesehatan. Ini belum yang direkrut langsung oleh fasilitas pelayanan kesehatan. Dan dengan penurunan kasus saat ini yang sudah terjadi, yang aktif sekitar 4.300 para relawan," kata Kirana dikutip dari laman resmi Kemenkes, Selasa (28/9/2021).

Sejalan dengan penurunan kasus Covid-19, Kirana mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan assessment untuk mendapatkan jumlah kebutuhan relawan untuk menangani pasien yang sedang dirawat.

"Ya saat ini memang sedang dilakukan asessment di semua Fasyankes yang merekrut relawan untuk benar-benar kita harus mendapatkan data kondisi SDM saat ini dan jumlah pasien yang dilayani," ungkapnya.

Kirana menjelaskan, untuk rumah sakit vertikal sudah dilakukan koordinasi. Dan kini, rumah sakit vertikal sudah menghitung sesuai dengan masa kontraknya.

"Sudah sebagian sudah dikurangi dengan tetap menyiagakan tenaga kesehatan yang existing. Jadi mereka tidak kemudian mengurangi save dan sebagainya. Jadi mereka tetap sama seperti saat kondisi puncak yang lalu," jelasnya.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top