Covid-19 Varian Mu Menyebar di 46 Negara, Kemenkes Awasi Pintu Masuk ke Indonesia

Rabu, 08 September 2021 - 18:41 WIB
loading...
Covid-19 Varian Mu Menyebar di 46 Negara, Kemenkes Awasi Pintu Masuk ke Indonesia
Juru Bicara Kemenkes Siti Nadia Tarmizi menegaskan pemerintah terus melakukan pengawasan pintu-pintu masuk ke Indonesia terutama dengan imigrasi untuk antisipasi Covid-19 varian Mu. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Pemerintah terus waspada terhadap varian baru Covid-19 yang saat ini terus menyebar di dunia salah satunya varian Mu. Varian ini diketahui pertama kali ditemukan di Kolombia dan kini telah menyebar di 46 negara.

Merespons hal ini, Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi menegaskan pemerintah terus melakukan pengawasan pintu-pintu masuk ke Indonesia terutama dengan imigrasi. Nadia pun menegaskan terus melakukan koordinasi dengan petugas Imigrasi untuk menyusun kebijakan mengantisipasi masuknya varian Mu ini.

“Kami juga melakukan pemantauan terhadap varian Mu yang saat ini menyebar di 46 negara. Kami terus berkoordinasi dengan petugas-petugas di pintu-pintu masuk negara untuk menyusun kebijakan mengantisipasi kemungkinan masuknya varian yang dikatakan memiliki kekebalan atau efek terhadap vaksinasi,” paparnya. Pemerintah, kata Nadia, juga berupaya mencegah masuknya varian baru dari luar negeri. Salah satunya juga dengan koordinasi dengan World Health Organization (WHO) untuk memperbarui informasi terkait varian baru Covid-19.

“Ini melalui pengetatan kebijakan karantina Internasional, entry dan exit testing serta persyaratan vaksinasi. Kami terus berkonsultasi dengan WHO untuk terus memperbarui informasi terkait varian Mu dan varian-varian lain yang berpotensi menyebar di Indonesia,” tegasnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2021 seconds (0.1#10.140)