Menyiapkan Diri Kembali Bekerja dari Kantor

Rabu, 21 Juli 2021 - 07:17 WIB
loading...
A A A
Dalam konteks itu, sangatlah penting membuat eksperimentasi-eksperimentasi atau membangun pengalaman-pengalaman baru yang berbeda dari kebiasaan sebelumnya, yang dapat dimulai dari unit terkecil. Pengalaman atau kebiasaan baru yang berbeda dari apa yang sudah dikerjakan bertahun-tahun sebelumnya sebelum pandemi, akan memberikan antusiasme yang berbeda bilamana tujuan eksperimentasi atau kebiasaan baru merupakan hal yang positif, dan memberikan benefit atau manfaat bagi kedua belah pihak –pegawai dan organisasi.

Pendekatan semacam ini dapat dilakukan melalui suatu perencanaan yang sederhana, dan dapat dieksekusi dari unit yang paling kecil untuk memastikan bahwa gagasan tentang eksperimentasi dapat dilaksanakan dan dikerjakan sesuai dengan rencana dan tujuan yang diharapkan. (Baca juga; Your Phone Companion, Aplikasi Agar Fokus Bekerja di Laptop Selama PPKM Darurat )

Sangat penting juga memastikan bahwa setiap pemimpin, setiap manajer, setiap leader di dalam unit organisasi, tidak memberikan janji-janji besar atau omongan-omongan yang tidak dapat dipastikan pelaksanaannya di lapangan atau di dalam aktivitas sehari-hari. Seorang pemimpin unit, manajer, atau leader, harus memahami bahwa para pegawai menjadikan atau menempatkan atasan mereka sebagai suatu role model, yang akan dipegang setiap kata-katanya. Mengatakan atau memberikan janji yang ternyata tidak dapat dieksekusi, sama halnya suatu tindakan bunuh diri bagi seorang pemimpin atau manajer.

Nah, tidaklah penting apakah kita akan kembali bekerja normal sesegera mungkin, tetapi menyiapkan diri untuk bekerja dalam situasi normal, adalah salah satu jalan yang sangat layak untuk segera disusun pelaksanaannya.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1116 seconds (0.1#10.140)