alexametrics

HMS Center Minta DPR Lindungi Industri Jamu Lokal

loading...
HMS Center Minta DPR Lindungi Industri Jamu Lokal
Pengurus HMS Center melakukan audensi dengan Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin di ruang kerjanya, Gedung Nusantara III, Senayan, Jakarta, Rabu (27/5/2020). Foto/Istimewa
A+ A-
JAKARTA - Ketua Umum Hidupkan Masyarakat Sejahtera (HMS) Center, Harjduno Wiwoho melakukan audensi dengan Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin di ruang kerjanya, Gedung Nusantara III, Senayan, Jakarta, Rabu (27/5/2020).

Dalam audiensi itu, Hardjuno meminta kesungguhan politik atau political will pemerintah untuk melindungi industri jamu lokal dari serbuan jamu asing.

"Kita minta dukungan DPR agar menjadi penyambung lidah rakyat ke pemerintah. Negeri kita kaya dengan beragam tanaman obat maka saya mendorong pemerintah agar mendukung industri jamu untuk terus tumbuh. Termasuk memberi proteksi jamu lokal dari serbuan jamu asing," ujar Hardjuno di Jakarta, Rabu (27/5/2020).(Baca juga: Beberapa Provinsi Tunjukkan Tak Ada Penambahan Signifikan Kasus Corona)



Hadir juga dalam audensi, Ketua Tim Advokasi Kesehatan dr Hiru, Sekretaris Umum HMS Center Darma Alwi, Ketua OKK HMS Center Fitriyadi dan Ketua Bidang Hukum HMS Center Rahmat Hijjir.

Saat audiensi, HMS Center memperkenalkan jamu herbal Kenkona serta meminta testimoni dari Wakil Ketua Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Korpolkam) ini.

Hardjuno menjelaskan jamu merupakan warisan budaya bangsa yang sudah digunakan secara turun menurun.

Oleh karena itu, sambung dia, keberadaan industri jamu lokal harus dijaga agar menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

"Indonesia memiliki keunggulan dengan ribuan jenis tanaman obat yang dapat digunakan sebagai bahan dasar jamu. Ini kekayaan yang harus dijaga," ujarnya.

Dari sisi perekonomian jelasnya, industri jamu telah berkontribusi sangat besar bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Apalagi, lanjut dia, bahan baku yang digunakan merupakan produk dalam negeri.
Hal ini dikatakannya mampu membawa multiplier effect cukup signifikan dalam pertumbuhan perekonomian di Indonesia mulai dari sektor hulu (pertanian) hingga sektor hilir yang meliputi perindustrian dan perdagangan.

"Saya meyakini industri jamu ini penggerak pencipta lapangan kerja dan penurun angka kemiskinan dan atas dasar kearifan lokal," tuturnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin memberi apresiasi atas kerja keras HMS Center yang berada digarda terdepan bersama masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Azis berharap dengan perjuangan HMS melalui produk obat herbal Kenkona bisa meningkatkan imunitas masyarakat menghadapi Covid-19.

"Pada hari ini saya terima teman-teman dari HMS dalam rangka (memperkenalkan-red) obat herbal Kenkona, yang salah satu manfaatnya untuk meningkatkan imunitas tubuh. Mudah-mudahan dengan perjuangan teman-teman HMS melalui Kenkona ini dapat membantu masyarakat dalam rangka meningkatkan imunitas," tutur Azis di ruang kerjanya, Gedung Nusantara III, Senayan, Jakarta, Rabu (27/5/2020).

Azis juga mengajak masyarakat agar disiplin menaati imbauan dan aturan pemerintah."Mengajak masyarakat untuk disiplin, menjaga kebersihan. Di samping itu juga program-program pemerintah kita dukung untuk menjaga jarak, sehingga apa yang kita lakukan ini bermanfaat bagi masyarakat," tuturnya.
(dam)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak