Hidup Sehat dengan Cara Herbal Ini untuk Menghindari Kanker

Senin, 18 Desember 2023 - 08:13 WIB
loading...
Hidup Sehat dengan Cara Herbal Ini untuk Menghindari Kanker
Kanker merupakan penyebab kematian utama di dunia. Kanker terjadi ketika suatu massa abnormal dengan pertumbuhan yang tidak teratur serta bermetastasis. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kesehatan menjadi suatu hal yang penting bagi seseorang dalam menjalankan rutinitas sehari-hari. Karenanya hidup sehat merupakan langkah yang harus dilakukan agar kesehatan itu bisa diperoleh.

Karena bila seseorang sudah terkena suatu penyakit, maka akan mengganggu aktivitasnya, seperti penyakit kanker. Kanker ini merupakan penyebab kematian utama di dunia. Kanker terjadi ketika suatu massa abnormal dengan pertumbuhan yang tidak teratur (melampaui batas normal dan tidak terkoordinasi) serta bermetastasis.

Apoteker PT Autoimuncare Indonesia, Riyanti Aryani Putri mengatakan, terapi yang dilakukan mengobati kanker berupa kemoterapi, imunoterapi, dan radiasi, yang mempunyai efek samping bagi tubuh. Pengobatan herbal banyak dilakukan untuk mencegah, mengurangi, dan menekan pertumbuhan sel kanker yang invasif ke seluruh tubuh.
Hidup Sehat dengan Cara Herbal Ini untuk Menghindari Kanker

"Salah satu obat herbal yang bisa mengobati kanker yaitu CN-Care. Ini mengandung ekstrak daun kelor, ekstrak kulit manggis, ekstrak bawang putih, dan ekstrak sarang semut yang diproses lanjutan menggunakan teknologi nano untuk meningkatkan efek terapi dan memperlambat bahkan menghentikan pertumbuhan sel kanker," kata Riyanti dalam keterangannya, Senin (18/12/2023).

Kata dia, akan berdampak pada badan lebih enak, sakit berkurang, dan sehat kembali. Obat herbal ini bisa diminum tiga kali sehari satu kapsul setelah makan, namun tidak dianjurkan untuk ibu hamil dan menyusui.

Bahan-bahan yang terkandung dalam CN-Care sepertiGarcinia Mangostana (Kulit manggis).Kulitnya sudah digunakan sebagai obat tradisional. Studi fitokimia menunjukkan bahwa kulit manggis mengandung berbagai metabolit sekunder, seperti oksigen dan terprenilasi xanthones. Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa xanthones mengandung efek anti-inflamasi, anti-bakteri, dan anti-kanker.

"Salah satu bahan aktif di dalam buah manggis yaitu xanthone. Xanthone merupakan bahan kimia aktif dengan struktur tiga cincin yang menjadikannya sangat stabil dalam keadaan panas atau dingin. Terdapat lebih dari 200 jenis bahan xanthone di alam tetapi lebih dari 40 jenis xanthone terdapat pada buah manggis sehingga termasuk dalam kategori paling banyak diantara bahan lainnya," ucap Riyanti.

Khasiat terbaik dari xanthone yaitu bersifat anti-oksidan yang bisa menghambat proses oksidasi atau penuaan tubuh/sel tubuh. Xanthone melindungi sel dan mengurangi kerusakan sel akibat radikal bebas.

Selain bermanfaat sebagai antioksidan, kata Riyanti, buah manggis juga berguna sebagai antibakteri, anti-kanker, dan anti-radang. Bagian lain yang bermanfaat adalah kulit buahnya. Kulit manggis berwarna merah keunguan, dan sangat sulit dihilangkan karena mengandung tanin, resin, dan crystallizable mangostine (C20H22O5) (mudah larut dalam alcohol) atau ether (tidak larut dalam air).

"Kulit manggis sangat berkhasiat untuk membuang asam ureat di dalam tubuh bagi penderita reumatik/gout. Kulit manggis mengandung senyawa efektif untuk melawan infeksi bakteri dan jamur serta mengurangi peradangan. Kandungan antioksidan pada kulit manggis bisa memungut radikal bebas yang mengembangkan sel kanker," jelasnya.

"Selain kanker, antioksidan pada kulit manggis mampu mencegah kerusakan low density lipoprotein atau kolesterol jahat. Kolesterol jahat merupakan pemicu utama terjadinya penyakit kanker," tambahnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1950 seconds (0.1#10.140)