Mengejar Target 2 Juta Vaksinasi Per Hari

Rabu, 30 Juni 2021 - 06:15 WIB
loading...
A A A
"Namun demikian, pemerintah tidak putus asa. Pemerintah terus bekerja keras melakukan sosialisasi pentingnya vaksinasi dalam berbagai kesempatan," ungkapnya.

Bahkan, lanjut dia, demi menggugah kesadaran masyarakat agar mau divaksin, banyak daerah memberikan hadiah kepada masyarakat yang ikut dalam program vaksinasi. Tentunya ini merupakan upaya untuk mendorong masyarakat berpartisipasi dalam program vaksinasi sehingga semakin banyak yang terlindungi dari Covid-19.

‘’Penting diingat bahwa semakin banyak masyarakat yang ikut serta dalam program vaksinasi, maka secara bertahap kekebalan komunal dapat tercapai. Pemerintah juga memastikan vaksin Covid-19 yang digunakan aman,efektif,halal, dan minim efek samping," bebernya.

Dia lantas menuturkan, Satgas secara rutin berkoordinasi dengan TNI/Polri serta pemerintah daerah di seluruh Indonesia untuk memastikan target 2 juta vaksinasi warga per harinya dapat tercapai. Koordinasi yang terus dilakukan secara rutin ini berupaya untuk mengindentifikasi kendala di lapangan dan membantu pemerintah daerah untuk mencari jalan keluarnya. Diharapkan melalui koordinasi yang dilakukan ini, kendala-kendala terkait pencapaian target vaksinasi ini dapat terselesaikan.

"Sehingga program vaksinasi dapat berjalan dengan lancar," imbuhnya.

Satgas mengapresiasi terobosan yang dilakukan Kementerian Kesehatan menyelenggarakan vaksinasi di RS vertikal, Poltekkes, dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) bagi warga dengan tidak melihat domisili warga sesuai KTP. Menurut Wiku, pada prinsipnya daerah atau kementerian/lembaga lain dapat menjadikan terobosan Kementerian Kesehatan ini sebagai dasar untuk mengakselerasi capaian vaksinasi per harinya.

‘’Upaya yang dilakukan Kementerian Kesehatan melalui penyederhanaan persyaratan administrasi dalam program vaksinasi merupakan hal yang penting untuk dapat memudahkan masyarakat dalam mengakses vaksinasi,’’ tandasnya.

Adapun Kementerian Kesehatan (Kemenkes)menegaskan terus berupaya mengoptimalkan program vaksinasi Covid-19 meski di tengah melonjaknya warga yang positif terinfeksi virus Corona. Dalam kondisi itu, Kemenkes mengingatkan agar tenaga kesehatan tetap berkonsentrasi mempercepat program vaksinasi sembari menangani pandemi.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi, mengaku optimis 2 juta vaksinasi Covid-19 per hari bakal terpenuhi mulai Agustus mendatang. Apalagi dengan pembelian beberapa jenis vaksin yang rencananya bakal berdatangan secara bertahap dalam jangka waktu enam bulan. Jika tak ada hambatan, ketersediaan vaksin yang dibutuhkan bakal terpenuhi sehingga target vaksinasi terhadap 181 juta orang di akhir tahun ini dapat tercapai.

“Setidaknya kita akan menerima tiga jenis vaksin yang kita beli. Kita mendapatkan dukungan bantuan dan di bulan Juli nantinya akan mulai menerima vaksin AstraZeneca, Novavax, dan Pfizer. Mereka akan menyelesaikan proses pengiriman itu dalam jangka waktu enam bulan. Artinya, akhir Desember kita sudah akan terima. Tentunya ini menambah optimisme kita untuk mempercepat vaksinasi,” terang Nadia.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1971 seconds (0.1#10.140)