Mengejar Target 2 Juta Vaksinasi Per Hari

Rabu, 30 Juni 2021 - 06:15 WIB
loading...
Mengejar Target 2 Juta Vaksinasi Per Hari
Target dua juta vaksinasi per hari untuk mempercepat herd immunity. FOTO/WIN CAHYONO
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan 2 juta vaksinasi Covid-19 per hari mulai Agustus mendatang. Target baru itu dicanangkan dalam upaya percepatan vaksinasi menuju masyarakat sehat. Sebelumnya Jokowi menargetkan vaksinasi 1 juta dosis per hari mulai Juli.

Pada akhir bulan ini, capaian vaksinasi melebihi target 1,3 juta per hari. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengapresiasi capaian tersebut, termasuk kerja keras dan gotong royong semua pihak, terutama Kementerian Kesehatan (Kemenkes), TNI/Polri, pemda, BUMN dan pihak swasta yang turut membantu.



Dia juga mengapresiasi masyarakat yang bersedia divaksin. Jokowi pun berharap capaian ini terus terjaga sampai akhir Juli, hingga target vaksinasi harian dinaikan menjadi 2 juta di bulan Agustus. “Dapat tingkatkan dua kali lipatkan pada Agustus 2021 yaitu mencapai 2 juta dosis per hari,” ungkap Jokowi di Jakarta akhir pekan lalu.

Pemerintah memang mengandalkan vaksinasi sebagai salah satu cara keluar dari pandemi Covid-19. Target yang dicanangkan sebanyak 181,5 juta orang pada akhir tahun ini. Sebanyak 426 juta dosis vaksin telah dipesan dari berbagai produsen vaksin internasional.

Demi mempercepat program ini, berbagai kalangan pun di libatkan, termasuk TNI/Polri. Dari pihak TNI misalnya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto telah mempersiapkan 8.300 titik vaksin di sejumlah wilayah Indonesia guna mempercepat vaksinasi massal yang dicetuskan Presiden Jokowi.

“Kita sudah memetakan beberapa tempat di Indonesia ada kurang lebih untuk TNI sendiri sebanyak 8.300 tempat yang reguler,” katanya.



Hadi membeberkan strategi pemetaan tersebut akan diikuti oleh penambahan tenaga kesehatan dari pihak TNI sebanyak 400 personel. Menurut dia, untuk tugas ini TNI akan akan berkolaborasi dengan Polri.

“Demikian dari Polri juga, besok akan menambah kekuatan anggota Polri, bergabung di tempat ini untuk diberikan briefing selama satu hari, kemudian kita sebar ke wilayah masing-masing,” ujarnya.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1284 seconds (0.1#10.140)