Pandemik, Peluang Kebangkitan Ekonomi Digital

Selasa, 29 Juni 2021 - 13:06 WIB
loading...
A A A
Fenomena social distancing, kebijakan PSBB dan PPKM menyebabkan beberapa sektor industri mengalami perlambatan bahkan penutupan usaha akibat turunnya jumlah konsumen. Namun di sisi lain menyebabkan beberapa sector mendapat dampak positif yaitu ecommerce, logistik, food delivery, telekomunikasi, pangan dan online learning.

Berbeda dengan sektor yang membutuhkan mobilitas fisik konsumen; sektor yang berbasis teknologi memberikan alternatif virtual sehingga aktivitas transaksi, pendidikan dan distribusi pangan selama pandemi justru mengalami kenaikan produktivitas; bahkan menyerap jumlah tenaga kerja lebih banyak.

Teknologi dan model bisnis baru hasil proses R & D telah memberikan dampak sangat positif di tengah krisis yang terjadi. Pemanfaatan teknologi di tengah pandemik juga memberikan peluang bagi para pelaku usaha, UMKM khususnya, untuk bisa mengakses pasar yang lebih luas yang tidak dibatasi oleh lingkup wilayah geografis. Platform ecommerce dan marketplace mampu menghubungkan penjual dan pembeli secara nasional.

Hal ini akan meningkatkan konsumsi di tingkatkonsumen. Dan di waktu bersamaan di tingkat produsen dan pedagang, penjualan tetap bisa dilakukan dan ekonomi barang dan jasa tetap berputar.

Memperkuat Pertumbuhan Berbasis Human Capital
Faktor kedua yang penting untuk menjadi fokus pemerintah dan para pemegang kebijakan adalah membangun pertumbuhan ekonomi dengan pendekatan modal manusia (human capital), di mana jumlah output ekonomi ditentukan oleh efektivitas tenaga kerja yaitu jumlah total layanan produktif yang disediakan oleh setiap individu pekerja. Salah satu faktor penentu produktivitas tersebut adalah lamanya pendidikan atau peningkatan pengetahuan yang dienyam oleh masyarakat angkatan kerja.

Wabah Covid-19 menyebabkan banyak institusi pendidikan ditutup; sehingga akses angkatan kerja terhadap peningkatan keterampilan menjadi terkendala. Namun di sisi lain, pandemik juga mempercepat proses pengembangan media pembelajaran jarak jauh sehingga mempermudah akses masyarakat untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru.

Karena itu, penutupan sekolah formal harus dikompensasi dengan perkembangan dan kemudahan akses terhadap berbagai platform pembelajaran online baik yang gratis maupun berbayar. Sehingga masyarakat di usia angkatan kerja memiliki kesempatan untuk menambah keterampilan dan pengetahuan baru melalui platform edutech (teknologi pembelajaran) dengan lebih murah dan lebih fleksibel.

Akselerasi Kebijakan
Pandemik meskipun umumnya dipandang sebagai krisis, namun memberikan peluang yang harus segera dimanfaatkan oleh para pemegang kebijakan maupun pelaku usaha. Langkah yang tepat merespon krisis akan membawa pada perbaikan kinerja ekonomi atau minimal menahan dampak krisis agar tidak berkelanjutan.

Di antara upaya yang prioritas untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional di masa pandemik ini adalah dengan mengakselerasi perkembangan ekosistem ekonomi digital di Tanah Air. Hal ini akan mempercepat terhubungnya sektor suplai khususnya UMKM dengan pasar konsumen tanpa mengabaikan protokol kesehatan.

Akselerasi ekosistem ekonomi digital juga relatif tidak membutuhkan belanja modal yang besar karena tidak membangun aset fisik dalam infrastrukturnya. Infrastruktur ekonomi digital semakin baik akan mempercepat adopsi pengetahuan bagi angkatan
kerja.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3572 seconds (0.1#10.140)