Bijak Mengonsumsi Obat Covid-19

Senin, 28 Juni 2021 - 05:50 WIB
loading...
A A A
Sehingga, kata dia, dari aspek keamanan pun akan berbeda ketika Ivermectin digunakan sebagai obat cacing dan digunakan dengan cara penggunaan obat cacing maka dipastikan aman. Tetapi kalau dipakai untuk Covid-19 tentu akan berbeda, dilihat dari cara pakai, jumlah dan durasinya.

Zullies lantas menuturkan, sejauh ini WHO, FDA dan beberapa badan otoritas termasuk BPOM masih menunggu bukti klinis lainnya karena hingga saat ini belum cukup kuat dan meyakinkan untuk dikatakan itu sebagai obat Covid-19.

Dia juga mengaku belum bisa memastikan dampak apabila Ivermectin dikonsumsi tanpa anjuran dokter karena belum banyak yang menggunakan. AKan tetapi jika dilihat efek sampingnya seperti ketika dipakai seperti obat cacing, yang muncul adalah mual dan diare.

Menurutnya, peluang Ivermectin menjadi obat Covid-19 memang besar, karena pada dasarnya dokter pun menunggu adanya obat tambahan sebagai terapi Covid-19 asal ada bukti klinis. Sementara sampai sekarang masih belum konsisten bukti klinisnya.

“Dokter kalau disuruh menggunakan juga masih memikir ulang. Semua diserahkan kembali pada dokter yang bersangkutan, mereka juga sangat hati-hati karena sangat bertanggung jawab terhadap pasiennya,” ujarnya.

Zullies tidak menyangkal selama pandemi penggunaan obat tanpa rujukan dokter semakin banyak. Dalam pandangannya terjadi karena masyarakat panik sehingga membeli apa saja yang dianggap bisa menyembuhkan Covid-19.
(ynt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2265 seconds (0.1#10.140)