Haji 2021 Batal, Persiapan Tahun Depan Akan Dibahas Lebih Awal

Kamis, 10 Juni 2021 - 06:19 WIB
loading...
A A A
Ia menyebut persiapan akomodasi ini paling rumit dan perlu waktu untuk bernegosiasi. Dia meyakini ini bukan soal uang karena dana haji itu sudah ada. Dia menegaskan pemerintah Indonesia mampu dalam memberangkatkan. Akan tetapi, semua itu tergantung dari izin dari Arab Saudi dan waktu yang cukup untuk mempersiapkan segala sesuatunya. “Penyiapan pengiriman orang itu tidak sederhana,” ucapnya.

Kemudian, ia juga menyebut tentang persiapan hotel di sana. Dengan jumlah jamaah haji Indonesia yang sampai ratusan ribu tentu membutuhkan hotel yang banyak pula. Menurutnya, hotel-hotel ini sudah hampir setahun menganggur. “Harus ada pembersihan agar benar-benar menjadi hotel yang fresh seperti baru keluar dari oven,” katanya.

Ke depan, Indonesia harus lebih intens lagi komunikasi dengan Arab Saudi untuk membuka peluang dan pengiriman jamaah haji pada tahun depan. Selain itu, Kemenag harus mempertimbangkan untuk memberangkatkan calon jamaah haji yang sudah tua lebih dulu. “Itu harus dibicarakan dan bisa disampaikan secara terbuka sehingga orang yang tidak berangkat karena usianya relatif lebih muda, bisa memaklumi,” pungkasnya.
(ynt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1587 seconds (0.1#10.140)