alexametrics

Inilah Kota-kotaTertinggi di Indonesia

loading...
Inilah Kota-kotaTertinggi di Indonesia
Di Indonesia tercatat, sejumlah kota berada di ketinggian. Alamnya yang elok, udaranya yang segar menjadikan kota-kota tersebut menjadi tujuan wisata. Ilustrasi/SINDOnews/Titus Jefika Heri Hendarmawan
A+ A-
DI Indonesia tercatat, sejumlah kota berada di ketinggian. Alamnya yang elok, udaranya yang segar menjadikan kota-kota tersebut menjadi tujuan wisata. Berikut kota-kota tertinggi di Indonesia.

1. Padang Panjang, Sumatera Barat



Kota yang berjarak 77 kilometer dari pusat kota Padang ini memang dikenal dengan suhu dinginnya. Ketinggian kota Padang Panjang mencapai 650 – 950 meter di atas permukaan laut (mdpl), dengan suhu kisaran 18 derajat Celcius hingga 26 derajat Celcius. Tak heran jika salah satu kota dengan letak tertinggi di Indonesia ini menjadi kota wisata favorit di Sumbar. (Baca juga: Kota-kota Kuno Ini Jadi Saksi Sejarah Ribuan Tahun)

2. Baturaden, Banyumas, Jawa Tengah



Di Pulau Jawa, ada kota Baturaden yang menjadi kota dengan letak tertinggi di Indonesia, yakni di angka 980 mdpl. Suhu di kota yang khas dengan bahasa Jawa beraksen ngapak ini sekitar 18 derajat Celcius hingga paling panas hanya 28 derajat Celcius. Simbol wisata daerah Jawa Tengah ini memiliki tujuan wisata terkenal seperti air terjun Pancuran Pitu dan Pancuran Telu, serta panorama indah dan suhu sejuk Gunung Slamet.

3. Batu, Jawa Timur



Kota Batu di Malang terletak di ketinggian 700 hingga 1.700 mdpl. Suhu di kota ini saat siang hari memang agak panas, yakni sekitar 31 derajat Celcius. Namun, di malam hari, suhunya bisa di bawah 19 derajat Celsius. (Baca juga: Pascapandemi, Produk Ekowisata Bakal Sangat Diminati)

4. Gayo Lues, Aceh



Salah satu kota dengan letak tertinggi di Indonesia ini identik dengan kopi Gayonya. Lokasi kota Gayo Lues berada di ketinggian 1.000 mdpl. Suhunya sekitar 20 hingga 29 derajat Celsius. Tempat wisata yang terkenal adalah Gunung Leuser dan pemandian air panas. Gayo Lues juga menghasilkan sayuran dan buah dengan kualitas terbaik di Aceh.

5. Ciwidey, Bandung, Jawa Barat



Ciwidey di Kabupaten Bandung berada di ketinggian 1.200 mdpl, dengan suhu 18 sampai 28 derajat Celsius. Kawah putih dan pemandian air panas menjadi tempat wisata andalan kota Ciwidey. (Baca juga: Kangen Mudik? Pemandangan Sawah Terindah Ini Bisa Menjadi Pengobat Rindu)

6. Lembang, Bandung, Jawa Barat



Selain Ciwidey, ada Lembang yang merupakan kota yang terletak di ketinggian 1.300 hingga 2.100 mdpl. Suhu hariannya lebih dingin dibanding Ciwidey, yakni 16 hingga 26 derajat Celsius.
(poe)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak