Dirjen Dukcapil: Data Tak Akurat Bisa Sebabkan Keputusan yang Salah

Sabtu, 14 September 2024 - 10:10 WIB
loading...
Dirjen Dukcapil: Data...
Dirjen Dukcapil Kemendagri, Teguh Setyabudi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Data kependudukan yang buruk dinilai bisa berujung pada kegagalan dalam pengambilan keputusan. Hal ini dikatakan oleh Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Teguh Setyabudi.

"Data yang tidak akurat bisa menyebabkan keputusan yang salah, yang pada akhirnya merugikan masyarakat. Oleh karena itu, kualitas data menjadi kunci bagi keberhasilan suatu pemerintahan," kata Dirjen Teguh dalam keterangannya, Sabtu (14/9/2024).

Dirjen Teguh juga menyoroti pentingnya membangun talenta digital di jajaran Dukcapil. Menurutnya, transformasi digital di Dukcapil membutuhkan pengembangan kompetensi sumber daya manusia, khususnya di bidang teknologi informasi.

"Untuk menciptakan pelayanan Dukcapil yang lebih baik, kami terus membangun talenta digital. Ini termasuk meningkatkan kompetensi di bidang IT, memperkuat kerja sama, dan menciptakan budaya kerja digital di seluruh jajaran Dukcapil,” ujar Teguh.



Mantan Dirjen Bina Bangda Kemendagri ini mengapresiasi, acara Reform Corner sebagai momentum penting untuk memperkuat kolaborasi antara pemerintah daerah Sumedang dan Ditjen Dukcapil.

"Mari sama kita mewujudkan data kependudukan yang lebih baik di masa mendatang." tegasnya.

Sementara, Penjabat (Pj) Bupati Sumedang, Yudia Ramli, menegaskan pentingnya kolaborasi antara pemerintah daerah dan Ditjen Dukcapil dalam menjaga kualitas data kependudukan yang akurat.

Hal ini disampaikan dalam acara Reform Corner dengan tema “Good Data, Good Decision, Good Result, yang berlangsung di Aula Tampomas, Kabupaten Sumedang, pada Jumat (13/9/2024).

Yudia Ramli menyatakan, data yang akurat adalah fondasi utama dalam penyelenggaraan pemerintahan yang efektif, termasuk di Sumedang.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2209 seconds (0.1#10.140)