Hadapi Mutasi Covid-19, Satgas Yakin Disiplin Protokol Kesehatan Paling Manjur

loading...
Hadapi Mutasi Covid-19, Satgas Yakin Disiplin Protokol Kesehatan Paling Manjur
Satgas Covid-19 meyakini disiplin protokol kesehatan adalah cara paling ampuh hadapi mutasi baru virus Corona dari Inggris yang telah masuk ke Indonesia. Foto/ist
JAKARTA - Juru Bicara Pemerintah untuk penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan disiplin terhadap protokol kesehatan tetap menjadi langkah untuk menghadapi mutasi baru virus corona B117 . Seperti diketahui mutasi virus corona baru ini diumumkan telah ditemukan di Indonesia.

“Disiplin protokol kesehatan sebagai bagian dari perubahan perilaku di masa pandemi ini juga harus semakin kita galakkan. (Ini) mengingat telah ditemukannya kasus mutasi baru covid-19 yaitu mutasi B117 yang berasal dari Inggris,” katanya dikutip dari Akun Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (3/3/2021).

(Baca:Mutasi Virus Corona B117 Sebabkan Diagnostik PCR Menjadi Kurang Sensitif)

Wiku mengatakan bahwa pemerintah segera menindaklanjuti temuan ini. Salah satunya dengan menelusuri kasus aktif untuk mencegah penularan.

“Adanya temuan ini akan ditindaklanjuti dengan penelusuran segera dari kasus positif tersebut untuk mencegah meluasnya penyebaran,” ujarnya.



“Untuk saat ini petugas di pintu kedatangan dan berbagai unsur yang terlibat termasuk kementerian/lembaga terkait bersama Satgas akan terus melakukan monitoring dan evaluasi terhadap implementasi di lapangan,” lanjutnya.

(Baca:Mutasi Covid-19 dari Inggris Masuk Indonesia, Epidemiolog: Kecepatan Penularan Lebih Tinggi)

Wiku menegaskan bahwa pemerintah akan selalu beradaptasi dengan perkembangan kondisi yang ada.

“Sebagaimana yang saya sampaikan dalam konpers sebelumnya saat mensosialisasikan penetapan kebijakan pelaku perjalanan internasional, pemerintah akan selalu berusaha adaptif dengan situasi dan kondisi yang ada. Termasuk perubahan kebijakan jika diperlukan,” pungkasnya.
(muh)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top