Meneguhkan Visi Politik Kesejahteraan

Jum'at, 19 Februari 2021 - 05:05 WIB
loading...
A A A
Problem-problem kebangsaan seperti kesenjangan, ketimpangan, kemiskinan, lapangan kerja, serta pandemi, misalnya, harus menjadi bobot utama dalam setiap neraca pembangunan yang dirumuskan. Kita harus mulai menciptakan ruang-ruang perdebatan publik dengan gagasan-gagasan cerdas demi kemaslahatan publik. Masyarakat harus benar-benar didorong untuk terlibat aktif dan berpartisipasi dalam berbagai pembuatan kebijakan publik.

Semua itu bertujuan bahwa seluruh program-program rasional yang dilahirkan baik oleh pemerintah, legislatif, maupun partai politik pada ujungnya tetap harus dihadapkan pada sebuah pertanggungjawaban etis; mengajak seluruh masyarakat mengalami mobilitas bersama mencapai kesejahteraan. Inilah sesungguhnya esensi politik kesejahteraan.

Hal penting yang harus digarisbawahi bahwa peneguhan kembali politik kesejahteraan tidak hanya diarahkan untuk menghasilkan negara yang dapat mengelola pasar bagi pertumbuhan ekonomi tetapi juga mampu melaksanakan fungsi redistribusi sember daya melalui serangkaian kebijakan sosial yang dilahirkan. Di titik itulah peneguhan visi politik kesejahteraan menemukan makna strategisnya baik dalam konsep maupun implementasinya.
(bmm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3826 seconds (0.1#10.140)