Komisi III DPR Diyakini Jeli dan Bijak Menilai Figur Calon Kapolri

Selasa, 19 Januari 2021 - 08:38 WIB
loading...
Komisi III DPR Diyakini Jeli dan Bijak Menilai Figur Calon Kapolri
calon Kapolri tunggal pilihan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Komjen (Pol) Listyo Sigit Prabowo. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Chairman Indonesia Bureaucracy and Service Watch (IBSW), Nova Andika menyatakan, DPR khususnya Komisi III akan melakukan yang terbaik pada Uji Kelayakan dan Kepatutan (fit and proper test), calon Kapolri tunggal pilihan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Komjen (Pol) Listyo Sigit Prabowo, Selasa (19/1/2021).

(Baca juga: Soal Listyo Sigit Temui AHY, Pengamat: Calon Kapolri Diminta Hindari Lobi Politik)

Terkait banyaknya dukungan kepada calon Kapolri Komjen Listyo, menurut Nova, menunjukkan yang bersangkutan tak sekadar memiliki hubungan baik dan jaringan perkawanan yang teruji melintasi komunitas aslinya.

(Baca juga: Komisi III DPR Dalami Proses Penyaringan Calon Kapolri oleh Kompolnas)

Fakta itu juga menunjukkan bahwa Komjen Listyo bisa diterima dan dipercaya secara luas di berbagai unsur masyarakat Indonesia yang majemuk. Sebagaimana diketahui, Komjen Listyo adalah seorang non-Muslim.

(Baca juga: Minta Restu, Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Sambangi Kediaman Tito)

"Kenyataan tersebut menegaskan kita, bahwa tak ada alasan rasional untuk meragukan beliau. Dan saya yakin, tentu saja para anggota Komisi 3 DPR lebih jeli melihat hal tersebut," kata Nova.

Ia mengatakan, dengan bingkai kepentingan NKRI, para anggota DPR akan menghasilkan keputusan terbaik. Apalagi dalam fit and proper test yang akan datang, calon yang diajukan Presiden pun calon tunggal.

"Saya yakin, DPR dalam hal ini Komisi III akan bijak mengambil keputusan. Jadi yang terbaik memang kita percayakan Komisi 3 DPR akan bisa melaksanakan amanah berat yang mereka emban untuk mengambil keputusan terbaik dalam hal ini," ucap Nova.

Bagi IBSW sendiri, kata Nova, dengan fakta calon Kapolri tunggal yang diajukan Presiden Jokowi, semakin cepat Kapolri baru dilantik, akan dengan semakin baik agar bisa segera belajar, beradaptasi, sebelum dengan cepat menorehkan prestasi-prestasi baru sebagaimana selama ini ditunjukkan Komjen Listyo.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1086 seconds (0.1#10.140)