Fenomena Crazy Rich Berpotensi Langgengkan Kekuasaan dan Status Quo

Senin, 28 Desember 2020 - 07:56 WIB
loading...
Fenomena Crazy Rich Berpotensi Langgengkan Kekuasaan dan Status Quo
Dosen Ilmu Politik UIN Jakarta, Bakir Ihsan menyatakan, fenomena crazy rich berpotensi melanggengkan kekuasaan dan status quo. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Dosen Ilmu Politik UIN Jakarta, Bakir Ihsan menyatakan, perkembangan politik sejatinya berjalin kelindan dengan literasi dan pendidikan politik kepada masyarakat. Namun pada kenyataannya politik berjalan elitis dan berjarak dengan kenyataan. Hal ini dikatakan Bakir merespon fenomena munculnya pengusaha muda yang memiliki kekayaan melimpah dan masuk dalam kekuasaan atau disebut dengan istilah crazy rich .

Fenomena ini mendapat sorotan publik setelah figur pengusaha muda seperti Sandiaga S Uno, M. Luthfi dan Sakti Wahyu Trenggono masuk kabinet pemerintahan Jokowi. Sebelumnya bergabung para pengusaha muda seperti Erick Thohir dan Nadiem Makarim dalam kabinet. "Politik dikuasasi oleh segelintir elit dengan beragam modal yang dimilikinya," kata Bakir saat dihubungi SINDOnews, Senin (28/12/2020). (Baca juga: Pilih Pengusaha Kaya Masuk Kabinet, Jokowi Ingin Fokus Pemulihan Ekonomi)

Bakir menilai, munculnya crazy rich membuat kekuasaan politik tampak memberikan kesempatan terhadap modal dominan berupa uang, harta, kekayaan materi. Ini menjadi pemicu menguatnya politik mahal dan hanya bisa dijamah oleh orang-orang berduit. "Inilah kondisi politik yang difasilitasi oleh partai politik dan dilanjutkan oleh elite politik dengan beragam kepentingannya, salah satunya adalah pelanggengan status quo," ujarnya. (Baca juga: Crazy Rich Muda Masuk Kabinet, Politikus PKB Sebut Jokowi Terpaksa)

Di sisi lain, Bakir menilai, munculnya crazy rich di satu sisi memberikan harapan tentang yang kaya menolong yang miskin, tapi di sisi lain berpotensi melanggengkan kekusaan yang berjarak antara elit dan rakyatnya. Namun begitu, tak ada aturan yang melarang orang-orang berduit masuk ke pusaran kekuasaan. "Munculnya orang-orang kaya di ranah politik adalah pelanggengan atas jarak dan kesenjangan yang terjadi baik secara politik yang bertopang pada kekuatan ekonomi antar elite dan masyarakat yang ditempatkan sebatas komoditas politik," tutur dia.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2223 seconds (0.1#10.140)