Perlu Strategi Khusus dalam Menghadapi Pandemi, Ini Caranya

Sabtu, 17 Oktober 2020 - 13:41 WIB
loading...
A A A
Kedua, pendapatan per bulan sesuai kriteria. Sama halnya dengan usia, tidak semua bank mensyaratkan minimal penghasilan yang sama agar bisa mengajukan KTA. Di beberapa layanan, nasabah dengan penghasilan kurang dari Rp3 juta mungkin bisa mengajukan KTA dengan mudah. Namun, tidak sedikit pula yang mengharuskan calon nasabah untuk memiliki pendapatan di atas nominal tersebut.

Ketiga, melengkapi semua berkas persyaratan dan tambahan. Penyebab utama lainnya yang membuat pengajuan KTA ditolak adalah berkas persyaratan yang kurang lengkap, seperti KTP, NPWP, slip gaji, dan lain sebagainya.

Untuk beberapa produk KTA dari bank-bank ternama di Indonesia seperti Bank Mandiri, CIMB Niaga, produk KTA Bank Commonwealth, KTA BCA, dll sudah memiliki layanan pengajuan online yang bisa dimanfaatkan untuk upload dokumen dan prosesnya bisa lebih cepat.

Keempat, pengguna kartu kredit. Pihak kreditur dapat dengan mudah melihat kemampuan membayar cicilan kredit. Alhasil, jika rutin dan disiplin membayar cicilan kartu kredit, maka pihak bank akan lebih percaya memberikan pinjaman dana kepada Anda.

"Sebaliknya, jika Anda sering menunggak cicilan kartu kredit, pengajuan KTA juga akan semakin sulit untuk diterima," ungkapnya.

Kelima, memiliki skor kredit bagus. Serupa dengan poin sebelumnya, harus memiliki skor kredit atau BI Checking yang bagus agar bisa mengajukan KTA.

Pengecekan ini juga dilakukan untuk memastikan bahwa nasabah tidak berutang untuk menutupi beban utang lainnya. Jadi, jika memiliki tunggakan utang atau cicilan lainnya, sebaiknya hindari mengajukan KTA karena kecil kemungkinannya untuk diterima.

Keenam, tinggal di domisili yang sesuai. Ciri terakhir yang dapat menunjukkan bahwa pengajuan KTA sudah pasti akan diterima adalah tinggal di domisili yang sesuai. Syarat domisili ini biasanya dimiliki oleh KTA yang ditawarkan oleh pihak bank sebagai upaya preventif jika nasabah mengalami kendala melunasi cicilan atau bahkan macet.

"Sebenarnya, penyebab pasti yang membuat pengajuan KTA ditolak adalah tidak memenuhi semua persyaratan yang diminta. Alhasil, pihak bank merasa kurang percaya untuk meminjamkan dana," pungkasnya.
(maf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2068 seconds (0.1#10.140)