Mendagri Apresiasi Sejumlah Daerah Cukup Baik Tangani Pandemi

Minggu, 05 September 2021 - 08:13 WIB
loading...
Mendagri Apresiasi Sejumlah Daerah Cukup Baik Tangani Pandemi
Mendagri Tito Karnavian melakukan Kunker ke sejumlah daerah untuk memonitor penanganan pandemi Covid-19, percepatan vaksinasi dan percepatan realisasi APBD. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Menteri Dalam Negeri ( Mendagri ) Tito Karnavian melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke sejumlah daerah untuk memonitor penanganan pandemi Covid-19, percepatan vaksinasi dan percepatan realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Baca Juga: Mendagri
Baca juga: Ditegur Mendagri Soal Insentif Nakes, Bupati Madiun Nyatakan Sudah Bayar Semuanya

Mendagri mengapresiasi langkah kreatif yang diambil Gubernur Babel dalam penangangan Covid-19 (virus Corona), di antaranya proses jemput bola vaksinasi di sekolah dan penyediaan isoter di kapal laut dengan bekerja sama dengan PT Pelni dan Kementerian Perhubungan RI.

"Anak-anak ini bahkan diminta untuk mengajak orang tuanya vaksinasi dan ini harus terus digalakkan di seluruh sekolah di Babel. Hal tersebut merupakan langkah terobosan yang patut dicontoh kepala daerah lainnya untuk menurunkan angka terkonfirmasi Covid-19 di daerahnya," kata Tito dalam keterangan pers, Minggu (5/9/2021).

Dalam rapat tersebut, Tito pun memuji kekompakan Forkopimda Babel dalam menangani pandemi ini. Karena menurutnya dibutuhkan kekompakan seluruh elemen untuk senantiasa bersatu bahu-membahu karena Covid-19 tidak sebatas pengobatan tetapi ada proses hulu ke hilir yang membutuhkan kekompakan bersama.

Proses hulu yang dimaksud Mendagri yakni dengan memperkuat protokol kesehatan dengan berpatokan 5M, sementara hilir yaitu seperti Satgassus yang sudah ada di Babel yakni Satgassus vaksinasi, Satgassus oksigen, Satgassus isoter, Satgassus tracing dan tracking.

"Saya apresiasi langkah Pemprov. Babel yang telah membentuk Satgassus penanganan Covid-19, namun saya sarankan menambah satgas yang berproses dari hulu yakni satgas yang bertugas memperkuat prokes di lapangan," ujarnya.

"Ini saya lihat Satgas lebih banyak bermain di hilir. Di hulunya itu Satgas untuk memperkuat protokol kesehatan. Itu tidak gampang, karena melibatkan kendali, kontrol sosial yang 5M itu. Nah ini yang harus diperkuat, ditunjuk siapa pejabatnya," tambah Tito.

Mendagri mengatakan, lawatannya bersama rombongan dari Kemendagri, yakni dalam kapasitas sebagai pembina dan pengawas terhadap jalannya pemerintahan di daerah. Terutama dalam konteks penanganan pandemi, serta kedudukannya sebagai anggota dewan pengarah dalam kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1240 seconds (0.1#10.140)