Plakat In Memoriam Soe Hok Gie-Idhan Lubis Dipasang di Puncak Mahameru

Rabu, 23 September 2020 - 19:36 WIB
loading...
A A A
Plakat ini dipasang pertama kali pada September 1973 oleh para sahabat Gie di Mapala UI, yang timya dipimpin alm Nizam berikut anggota Lelon, Hanny Warrouw, dan Hadidjojo

Marmer plakat dibuat dan dibiayai anggota Mapala UI Sinarmas Djati. Setelah itu, plakat in memoriam Soe Hok Gie dan Idhan Lubis diganti pada 1989 dan 2002 oleh Indonesian Green Ranger. Bahan plakat dibuat dari logam dan ada untaian puisi.

Plakat tersebut seolah menjadi magnet yang mengundang para pendaki dan pecinta alam dari berbagai daerah, bersemangat untuk menapakkan kaki di puncak Mahameru.

Raut kekecewaan tidak bisa disembunyikan dari wajah beberapa pendaki manakala tidak menemukan lagi plakat tersebut. Rupanya, plakat tersebut sudah diturunkan dari puncak Mahameru.

Plakat tersebut diturunkan pada 16 Desember 2012. Untuk penjemputan dan penurunan plakat, dibutuhkan waktu sekitar 3 hari. Sempat terjadi prokontra soal penurunan plakat Gie.

Setelah diturunkan dari ketinggian 3.676 mdpl, plakat tersebut dikabarkan disimpan oleh pegiat alam bebas Indonesia Green Ranger yang didirikan oleh Idhat Lubis yang tak lain adalah kakak almarhum Idhan Lubis. hendri irawan
(dam)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2928 seconds (0.1#10.140)