Antisipasi Karhutla dan Banjir, Kementerian LHK Upayakan Solusi Permanen

Sabtu, 19 September 2020 - 17:36 WIB
loading...
A A A
Untuk keperluan pencegahan permanen, sudah dilakukan uji coba modifikasi cuaca tahun ini sejak Februari 2020 di Riau. Telah berhasil diatasi fase krisis pertama di Riau, maka pada Mei Juni dilakukan uji coba modifikasi cuaca di Jambi dan Sumsel serta Riau dan dilanjutkan ke Kalbar pada bulan Agustus.

Dari kerja teknis tersebut lanjut Menteri Siti, maka perlu dilakukan kajian empirik dari seluruh peristiwa sejak tahun 2015 hingga sekarang. Riset penting dari kerja pengendalian yang telah dilakukan lima tahun terakhir perlu mulai dilakukan sehingga nantinya bisa ada satu pedoman bersama untuk pengendalian karhutla yang permanen.

Di antara riset tersebut seperti reaksi dan perilaku awan, riset gambut dan teknik water management dan water ballance, riset perilaku kubah gambut dan berbagai riset pendukung lainnya. Menurut Siti Nurbaya, penting juga langkah Pelembagaan data BMKG bagi seluruh daerah, dengan diseminasi kepada Pemda secara bersama BMKG,BNPB dan Kementerian LHK.

"Hal ini penting agar Pemda dapat menggunakan data BMKG untuk mitigasi bencana, terutama untuk prediksi daerah rawan banjir dan upaya pengendalian karhutla," tegasnya.

Menteri LHK juga menegaskan, masih ada tugas berat yaitu berkaitan dengan kegiatan pembukaan Lahan Tanpa Bakar (PLTB) ; dan untuk itu juga akan semakin diintensifkan melibatkan lintas Kementerian/Lembaga, tentunya dengan keterlibatan masyarakat.

"Sebagai catatan tambahan, berbagai upaya pengendalian karhutla di Indonesia sudah menunjukkan hasil yang cukup signifikan. Meski tantangan lapangan masih besar, namun mulai terpola dan akan terus dimatangkan di tengah tantangan yang sama sedang dihadapi berbagai negara di dunia," jelasnya.
(maf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2554 seconds (0.1#10.140)