alexametrics

Wacana Kenaikan PT, Pengamat: Partai Besar Untung, Partai Kecil Buntung

loading...
Wacana Kenaikan PT, Pengamat: Partai Besar Untung, Partai Kecil Buntung
Gedung DPR. Foto/Dok SINDO
A+ A-
JAKARTA - Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin menyebut lebih baik ambang batas parlemen atau parliamentary threshold (PT) dinaikkan 1 persen atau menjadi 5 persen dari PT sebelumnya yang 4 persen.

"Jika dinaikkan, maka partai besar akan untung, sedangkan partai kecil akan buntung," kata Ujang saat dihubungi SINDOnews, Senin (27/1/2020).

Ujang mengaku dirinya mendukung soal usulan PT menjadi 5 persen. Menurutnya, hal ini dianggap penting untuk penyederhanaan partai politik di Indonesia. Sebab, dengan banyaknya partai yang ada selama ini, justru membuat situasi politik tampak gaduh. "Banyaknya partai juga jadi rumit ketika akan akan eksekusi kebijakan," ujar analis politik asal Universitas Al Azhar Indonesia itu.



"Amerika saja partai yang menonjol cuma dua, Demokrat dan Republik. Partai-partai ada, tapi tak dapat dukungan rakyat." (Baca juga: Politikus PKS Mardani Ali Sera Usul Ambang Batas 7 Persen).

Adapun terkait keberatan sejumlah partai dengan usulan kenaikan itu, Ujang menganggap wajar. Karena, dengan PT ditingkatkan di atas 4 persen akan semakin mengancam keberadaan mereka.

"Dengan 4 persen saja mereka partai kecil tak lolos Senayan. Jika PT-nya 5 persen, akan semakin terkubur partai-partai kecil tersebut," pungkasnya.
(zik)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak