Kapal BHO untuk Perkuat Pertahanan Laut

Selasa, 15 Oktober 2024 - 05:07 WIB
loading...
A A A
baca juga: TNI AL Merajut Asa untuk Indonesia Emas

Akuisisi kapal BHO sebenarnya bukan kali ini saja. Sebelumnya, Pushidrosal tercatat memiliki KRI Pulau Rote (721), KRI Pulau Romang (723), KRI Pulau Rempang (729) (purna tugas), KRI Dewa Kembar (932), KRI Rigel (933), KRI Spica (934), KRI Pollux (935), KRI Aries, dan KRI Vega. Untuk KRI Rigel dan KRI Spica merupakan kapal buatan OCEA, Les Sables-dā€™Olonne, Prancis. Berdasar penelurusan lain, Pushidrosal juga memiliki KRI Leuser (942) yang merupakan kapal BHO multiguna yang dilenglapi peralatan survey berkempuan ocean going survey.

Jika dilihat, kapal BHO yang telah dimiliki Pushidrosal terbilang banyak. Padahal fungsinya hanya untuk survey. Secara awam, daripada menumpuk kapal survei, apa tidak mending dibelikan kapal perang saja. Namun, keputusan Kemhan untuk memperkuat Pushidrosal serta harapan TNI AL untuk memperkuat kapal BHO plus SRVS pasti dilatari pertimbangan strategis. Lantas, kira-kira apa fungsi strategis kapal HBO sehingga kuantitas dan kwalitas kapal terus ditingkatkan?

Peran Pushidrosal

Tanggal 13 September 2016 menjadi hari bersejarah pada Pushidrosal. Momentum terjadi saat TNI AL melalui Kepala Staf TNI AL Laksmana TNI Ade Supandi mengukuhkan Pushidrosal dipimpin seorang kepala berpangkat bintang dua (laksamana muda). Artikel ā€˜ā€™Sejarah Panjang Pushidrosal Menuju Lembaga Hidrografi-Profesionalā€™ā€™ yang dimuat https://maritimnews.com menyebut, kebijakan ini menandai semangat Pushidrosal menjadi lembaga hidrografi profesional kebanggaan bangsa Indonesia dan peran yang semakin penting ke depan, termasuk terkait visi poros maritim dunia dan tol laut yang dicanangkan Presiden Joko Widodo.

Secara sederhana, Poros Maritim dimaksudnya sebagai konsep geopolitik yang menekankan pentingnya laut sebagai sumber daya strategis bagi Indonesia. Sedangkan Tol Laut digambarkan sebagai konsep pengangkutan logistik kelautan di Indonesia, dengan arah mewujudkan kelancaran distribusi barang hingga ke pelosok dengan biaya murah, hingga harga barang-barang menjadi turun.

Karena itu Pushidrosal terus berbenah untuk menjadi lembaga hidrografi profesional kebanggaan bangsa Indonesia. Visi ini memerlukan data hidrografi dan oseanografi yang akurat. Oleh karena itu Pushidrosal terus berbenah untuk menjadi lembaga hidrografi profesional kebanggaan bangsa Indonesia.

baca juga: Wakasal Sebut 41 Kapal Perang TNI AL Bakal Dimodernisasi

Sejumlah referensi menyebut Pushidrosal yang bermarkas di Jalan Pantai Kuta V/1 Ancol Timur, Jakarta Utara merupakan Kotama Pembinaan TNI AL yang berada di bawah KSAL. Pasca-validasi organisasi TNI AL berdasarkan Perpres Nomor 62 Tahun 2016 tentang perubahan atas Perpres Nomor 10 Tahun 2010 tentang Susunan OrganisasiTNI, Pushidrosal memiliki peran sentral dalam menyelenggarakan pembinaan hidro-oseanografi yang meliputi survei, penelitian, pemetaan laut, publikasi, penerapan lingkungan laut, keselamatan navigasi pelayaran baik untuk kepentingan TNI maupun umum, serta menyiapkan data dan informasi wilayah pertahanan di laut.

Bagi TNI, khususnya TNI AL, peran Pushidrosal sangat strategis untuk menghadapi peperangan modern. Seperti diberitakan www.pushidrosal.id, KSAL Laksamana TNI Dr Muhammad Ali saat memimpin upacara 17-an bulan Mei 2024, di Pushidrosal, yang dibacakan Aslog Danpushidrosal Kolonel Laut (T) Sidyk Wahono menyatakan, tantangan dan risiko tugas TNI AL ke depan akan semakin meningkat.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0708 seconds (0.1#10.140)