Kapal BHO untuk Perkuat Pertahanan Laut

Selasa, 15 Oktober 2024 - 05:07 WIB
loading...
A A A
Selain membantu tugas SAR pada musibah tenggelamnya KRI Nanggala (402), KRI Rigel (933) sejak mulai beroperasi pada 11 Desember 2014 juga telah membantu melakukan tugas-tugas yang dilakukan Pushidrosal. Berdasar data yang dihimpun, tugas yang dilakukan antara lain updating peta laut untuk menjamin keselamatan pelayaran di perairan Selat Malaka dan Selat Singapura (The Joint Hydrographic Survey of The Strait of Malacca and Singapore (SOMS) yang dilakukan bersama Malaysia dan Singapura, dengan pemrakarsa Jepang.

baca juga: TNI AL Siapkan Kapal Rumah Sakit Bantu Perawatan Medis Rakyat Palestina

KRI Rigel (933) juga pernah menjalankan survei di laut dalam di perairan Selat Ombai NTT, dengan kedalaman perairan antara 3000 ā€“ 4000 m. Survei untuk jelas tidak cukup hanya dilakukan di Selat Malaka atau Selat Ombai saja, tapi juga seluruh wilayah laut yang merupakan bagian Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Survei bukan sebatas keselamatan navigasi, termasuk untuk kapal selam, tapi menyiapkan data dan informasi wilayah pertahanan di laut.

Dengan luas wilayah perairan Indonesia, berdasar statistic aset kewilayahan nasional yang mencapai 5,9 juta km2 termasuk Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE), maka tidak mungkin hanya di-cover KRI Rigel (933), KRI Spica (934), dan beberapa kapal BHO lain yang sudah dimiliki TNI AL. Penambahan jumlah kapal BHO dengan teknologi lebih canggih dibutuhkan agar survei bisa dilakukan di semua jengkal wilayah laut Indonesia.

Apalagi seperti disampaikan KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali, tantangan yang dihadapi TNI ke depan akan semakin meningkat, dinamika internasional yang sangat cepat dan kompleks, serta perkembangan teknologi, TNI AL dituntut memiliki fleksibilitas dan kemampuan adaptasi, sehingga mampu bernavigasi pada kondisi yang penuh tantangan. (*)
(hdr)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0910 seconds (0.1#10.140)