PKB-PBNU Memanas, Wapres: Sebaiknya Memang Tidak Terjadi Konflik

Kamis, 01 Agustus 2024 - 12:58 WIB
loading...
PKB-PBNU Memanas, Wapres:...
Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin ikut merespons soal hubungan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) yang memanas. Wapres berharap tidak terjadi konflik antara PKB-PBNU. Foto/BPMI Setwapres
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin ikut merespons soal hubungan Partai Kebangkitan Bangsa ( PKB ) dan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama ( PBNU ) yang memanas. Wapres berharap tidak terjadi konflik antara PKB-PBNU.

“Kalau terjadi korslet itu memang agak aneh juga kan begitu, karena memang tugasnya beda," ujar Wapres dalam perjalanan di Kereta Cepat Whoosh seusai menghadiri acara di Jatinangor, Jawa Barat menuju Jakarta, Kamis (1/8/2024).

Wapres pun menceritakan bahwa dia dulu menjadi Ketua Tim Pembentukan PKB. "Ya, saya dulu Ketua Tim 5 pembentukan PKB, saya, ketua dewan syuro pertama, sebelum Gus Dur itu kan saya. Nah, jadi, sebenarnya ya hubungan PBNU dengan PKB itu hubungannya itu hubungan aspiratif, hubungan kultural, dan hubungan historis. Tidak ada hubungan struktural," jelasnya.



Wapres menekankan bahwa PKB diharapkan bisa membawa aspirasi warga NU di dalam politik. "Jadi akhirnya PKB itu diharapkan membawakan aspirasi warga NU di dalam berpolitik jadi ada jadi, itu tidak-tidak saling mengintervensi ya. Jadi dia memiliki independensi. Sebaiknya memang tidak terjadi konflik ya.”

Kata Wapres, seharusnya kedua pihak bekerja sama dengan baik dengan tugas masing-masing. "PBNU tetap pada pembangunan per-umatan, nah PKB pada politik."

Oleh karena itu Wapres berharap tidak ada lagi konflik antara PKB-PBNU dan keduanya berada di jalurnya masing-masing. “Karena itu, kita harapkan udahlah jangan sampai terjadi lagi (konflik) lah. Masing-masing berada di jalurnya masing-masing, ya fokus masing-masing tugasnya."

Wapres mengharapkan, tidak terjadi konflik. "Jangan masuk ke sini, konflik itu kalau yang satu masuk ke sini atau yang satu masuk ke sini, jangan saling masuk. Itu harapan saya semuanya berjalan dengan baik," pungkasnya.



Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PBNU Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengatakan, pihaknya mendiskusikan untuk membentuk Tim 5 atau semacam Panitia Khusus (Pansus) tentang Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Tim tersebut merupakan upaya dari PBNU untuk meluruskan sejarah sekaligus mengembalikan PKB ke pemilik sahnya yakni PBNU.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1552 seconds (0.1#10.140)