3 Menteri PDIP Disiapkan untuk Pilkada Jatim 2024

Sabtu, 29 Juni 2024 - 23:30 WIB
loading...
3 Menteri PDIP Disiapkan untuk Pilkada Jatim 2024
Mensos Tri Rismaharini, Menpan RB Azwar Anas, dan Seskab Pramono Anung masuk dalam bursa bakal cagub yang akan diusung PDIP. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ( PDIP ) menyiapkan sejumlah kader dalam kontestasi Pilkada Jawa Timur 2024. Tiga nama berasal dari kalangan menteri.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, setidaknya ada tiga menteri dari Kabinet Indonesia Maju yang dipersiapkan untuk Pilkada Jatim 2024. Mereka adalah Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menpan RB Azwar Anas, hingga Menteri Sekretaris Kabinet (Menseskab) Pramono Anung.

"Misalnya dari kalangan menteri ada Ibu Risma, ada Pak Abdullah Azwar Annas, ada Pak Pramono Anung, ini laris manis, ada yang ngusung di Jakarta, ada yang ngusulkan di Jawa Timur," kata Hasto di kawasan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat (29/6/2024).



Kader-kader PDIP yang kini menjabat kepala daerah di Jawa Timur juga turut dipersiapkan. Misalnya Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin, hingga Bupati Sumenep Nur Fauzi juga disebutnya memiliki basis kekuatan politik.

"Ada Gus Ipin (Nur Arifin) kalau Wali Kota Surabaya sudah fokus Pak Eri Cahyadi. Ada ibu Ipuk dari Banyuwangi, ada Fauzi dari Sumenep, itu juga saudara Fauzi sangat kuat, sehingga tinggal merumuskan kerja sama politik," kata Hasto.

Hasto mengatakan PDIP masih menggodok dan melakukan komunikasi politik dengan partai lain. Setidaknya di Jawa Timur, Hasto menyebut komunikasi itu sudah dibuka bersama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Gerindra.

"Ini proses yang sangat dinamis sehingga partai terus mendorong kader-kader internal partai untuk maju dan bekerja sama dengan mereka yang telah digembleng baik melalui jalur birokrasi, jalur profesional, jalur purnawirawan TNI Polri kemudian juga dari kalangan pers misalnya," katanya.
(abd)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1224 seconds (0.1#10.140)
pixels