Filsafat Konfusius, Tao, dan Strategi Sun Tzu: Ketenangan Strategis Xi Jinping dalam Menghadapi Taiwan

Jum'at, 21 Juni 2024 - 18:52 WIB
loading...
A A A
Kekuatan pro-kemerdekaan Taiwan sangat menyadari hal ini, tetapi tidak bisa mengatakannya secara terus terang, sehingga mereka menggunakan berbagai cara untuk mencuci otak generasi muda Taiwan, di satu sisi menyebarkan kesadaran pro-kemerdekaan, tetapi di sisi lain mengikat orang Taiwan pada ikatan perang kemerdekaan, menciptakan ilusi "kesatuan nasional." Politisi menyediakan peluru, dan rakyat biasa menyediakan prajurit, dengan pembagian tugas yang teratur. Semua kejahatan ini berasal dari kelompok pro kemerdekaan!

Yang paling menjengkelkan adalah, ketika teknologi terus berkembang dan perang modern tidak lagi membutuhkan sumber daya manusia yang besar, berbagai kendaraan tak berawak seperti robot tempur, kapal tanpa awak, drone, dan kapal selam tanpa awak muncul di medan perang. Namun, pemerintah Partai Progresif Demokratik (DPP) masih terjebak dalam pemikiran perang tradisional, berusaha melawan PLA dengan tubuh prajurit Angkatan Bersenjata Nasional atau tentara Nasionalis.

Perang Dunia I menyebabkan sekitar 13 juta kematian warga sipil dan sekitar 8,5 juta kematian tentara, menjadikannya sebagai perang dengan jumlah kematian tertinggi dalam sejarah. Jumlah kematian selama Perang Dunia II tidak jelas, hanya diketahui bahwa jumlah kematian warga sipil dalam Perang Dunia I jauh lebih tinggi daripada Perang Dunia II.

Setelah itu, jumlah kematian warga sipil akibat perang terus menurun. Di era perang teknologi modern, peluru hampir dapat membedakan antara warga sipil dan tentara; kita juga bisa memprediksi bahwa jumlah kematian warga sipil akan berkurang secara signifikan. Jika suatu hari terjadi perang penyatuan dengan Taiwan, membedakan antara tentara dan warga sipil akan menjadi tugas penting bagi Tentara Pembebasan Rakyat (PLA).

Ungkapan “perang adalah bencana besar dan berbahaya” berada dalam keputusan sekejap mata Xi Jinping. Metode dan cara penyatuan militer atau bukan, tidak akan menjadi masalah, yang menjadi masalah adalah waktu.

Kekuatan Militer PLA Harus Mengungguli Militer AS

Sepuluh tahun lalu, PLA sudah cukup kuat tetapi belum menjadi tandingan militer AS, seperti yang dikenal dengan "kebangkitan China." Kapan sebenarnya China bangkit? Tidak ada jawaban pasti, bahkan mungkin China sendiri tidak menyadarinya. Kemungkinan, saat Olimpiade Beijing 2008, dunia tiba-tiba menyadari bahwa China telah menjadi sangat kuat, dan "kebangkitan China" menjadi lebih jelas.

Begitu juga dalam pemikiran dan perkembangan industri militer, PLA selalu meniru AS. Suatu hari, China menyadari bahwa mereka telah melampaui batu loncatan yang diberikan AS, dan secara tiba-tiba menjadi pemimpin.

Contoh pada tahun 2006, satelit pengintai AS dibutakan oleh laser PLA, pertama kalinya teknologi ini buka buat publik. Penelitian tentang laser di China dimulai pada 1964, fokus pada daya dan miniaturisasi yang cepat. Bidang industri militer lainnya serupa, seperti pengembangan radar array fase. Radar PAVE PAWS Amerika pertama di dunia, namun tidak ada perkembangan lebih lanjut.

Pada 1990-an, China berusaha dengan Israel untuk radar array fase aktif Phalcon, tetapi AS menentangnya, memaksa China mengembangkan teknologi sendiri. Pada 2003, kapal perusak 052C China pertama dengan radar array fase aktif diluncurkan, menunjukkan keunggulan PLA dalam radar dan elektromagnetik dibandingkan Angkatan Laut AS.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0933 seconds (0.1#10.140)