Ma'ruf Amin Ingin Gerakan NU Membawa Perubahan Besar

Rabu, 27 Februari 2019 - 18:44 WIB
Maruf Amin Ingin Gerakan NU Membawa Perubahan Besar
Ma'ruf Amin Ingin Gerakan NU Membawa Perubahan Besar
A A A
BANJAR - Mustasyar PBNU, KH Ma'ruf Amin meminta kepada kalangan Nahdliyin untuk menyiapkan landasan 100 tahun yang kedua. Maka itu, Kiai Ma'ruf mengingatkan agar landasan, penguatan, dan peta jalan menuju 100 tahun kedua NU harus sudah dilakukan sejak saat ini.

"Apa yang harus ditajdid (kuatkan). Saya melihat ada 5 komponen yang penting di dalam NU ini," kata Ma'ruf dalam sambutan Munas dan Konbes NU di Ponpes Miftahul Huda Al Azhar, Kota Banjar, Jawa Barat, Rabu (27/2/2019).

Pertama menurut Kiai Ma'ruf, soal akidah. Menurutnya, akidah tidak perlu diubah atau dilakukan pembaruan melainkan cukup dikuatkan. Yang kedua, kata mantan Rais Aam PBNU ini berkaitan dengan cara berfikir kaum nahdliyah atau Nahdliyin.

"Yang ketiga adalah amaliyah nahdiyah, amaliah juga kita perkuat dan kita sosialisasikan. Nah mungkin yang harus kita tajdidkan yaitu harakahnya, gerakan. Harakah nahdliyah," ujarnya.

(Baca juga: Di Munas NU, Said Aqil Doakan Jokowi Menang Pilpres 2019)

Sehingga dari gerakan Nahdliyin atau NU tersebut, Calon Wakil Presiden nomor urut 01 itu meyakini akan memiliki dampak dan perubahan yang besar bagi kepentingan umat, bangsa dan negara.

Menurut Ma'ruf, dampak perubahan itu masuk komponen yang keempat di samping komponen kelima yang disebutnya Jamiyah yakni NU sebagai sebuah organisasi yang melindungi umat.

"Sebab banyak umat kita diambil orang. Orang NU, fikiranya NU, akidahnya NU, amaliyahnya NU, tapi harakahnya tidak ikut NU," tuturnya.

"Dia terprovoksi karena menganggap gerakan NU ini lemah, lembek, katanya begitu. Jadi mereka tidak tahu gerakan yang lemah dengan gerakan yang santun. Padahal NU itu bukan lemah, (tapi) santun," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4341 seconds (0.1#10.140)