Buka Munas-Konbes NU 2021, Wapres Ma'ruf Amin Ingatkan Adanya Tantangan Besar

Sabtu, 25 September 2021 - 18:38 WIB
loading...
Buka Munas-Konbes NU 2021, Wapres Maruf Amin Ingatkan Adanya Tantangan Besar
Wapres KH Ma’ruf Amin secara resmi membuka pelaksanaan Munas Alim Ulama dan Konbes NU 2021 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Sabtu (25/9/2021). Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Ami n secara resmi membuka pelaksanaan Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama dan Konferensi Besar (Konbes) NU 2021 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Sabtu (25/9/2021).

Ma’ruf mengklaim hingga kini NU merupakan organisasi terbesar di Indonesia yang mampu menjaga keutuhan dan perkembangannya. Dengan demikian, ia berharap pengurus NU mampu menghadapi tantangan di masa yang akan datang.

“Ke depan bukan tidak ada tantangan tapi banyak tantangan. Bahkan tidak mustahil tantangan itu akan lebih besar yang harus dihadapi NU. Ini yang harus kita persiapkan,” ujar Ma’ruf.

Dia mengatakan paham radikalisme berkembang pesat di Indonesia. Menurut dia, hal ini menjadi pekerjaan rumah bagi NU agar ideologi radikal tidak semakin meluas.

“Banyak paham-paham yang radikalisme tetapi juga ada paham yang apatisme terhadap masalah agama. Dan tidak jarang juga ada paham yang antiagama sehingga agama itu hanya di masjid saja. Agama hanya mengurusi urusan ibadah saja. Tidak boleh dalam masalah sosial,” jelasnya.

Selain itu, Ma’ruf mengklaim hingga kini keutuhan NU masih tetap terjaga. Sedangkan, banyak organisasi lain yang menurut Ma’ruf tidak mampu mempertahankan keutuhannya.

“Banyak organisasi lain yang terpecah menjadi dua, bahkan lebih. Keutuhan ini tentu berkat dari perilaku dan sikap para tokoh NU, para ulama yang lebih mementingkan kepentingan yang lebih besar daripada kepentingan pribadinya. Maslahat NU jauh lebih besar. Ini merupakan inayah (pertolongan), himayah rabbaniyah, perlindungan Allah yang kita syukuri,” tutur Ma’ruf.

Ma’ruf menerangkan NU memiliki peranan yang besar kepada bangsa dan negara. Menurutnya, NU sudah berhasil menanamkan sikap Islam yang rahmatan lil alamin.

“Sikap Islam yang menjadi mainstream dari kehidupan keagamaan di Indonesia. Ini juga upaya yang patut kita syukuri. Partisipasi NU dengan semangat hubbul wathan minal iman dan semangat tasamuh (toleransi) yang dikembangkan juga berperan besar demi menjaga keutuhan bangsa dan negara. Ini diakui oleh banyak pihak,” ucapnya.

Ma’ruf menuturkan bahwa NU memiliki pengaruh yang besar dalam menciptakan perdamaian dan mambangun moralitas.

“Prinsip-prinsip ini sekarang diperlukan ketika dunia masih banyak terjadi konflik di mana-mana dan belum bisa teratasi, baik melalui jalur-jalur diplomasi politik. Juga pendekatan moralitas dan kemanusiaan mungkin juga bisa diperankan oleh NU di masa yang akan datang,” tuturnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1091 seconds (0.1#10.140)