Wabah Covid-19, Tantangan Pengembangan Pemuda untuk Indonesia Maju

Selasa, 18 Agustus 2020 - 11:14 WIB
loading...
A A A
Pengembangan Kepemudaan selanjutnya didorong secara maksimal dalam bidang kepeloporan dan kesukarelawanan kepemudaan. Data dari Indeks Pembangunan Pemuda menunjukkan bahwa partisipasi pemuda dalam kegiatan sosial sudah mendekati angka 81,97% akan tetapi partisipasi pemuda dalam organisasi sosial masih rendah 5,86%. Artinya Kementerian pemuda dan olah raga memiliki tugas yang besar untuk mendorong partisipasi pemuda dalam kegiatan sosial dan organsiasi sosial kemasyarakatan.

Bagaimana mewujudkannya?

Guna mewujudkan visi pengembangan kepemudaan Indonesia yakni pengembangan kepeloporan dan kesukarelawanan pemuda. Berbagai kebijakan dan program yang di dorong untuk hal tersebut antara lain pengembangan kepeloporan pemuda di pedesaan, forum pemuda lintas agama, pertukaran pemuda antara daerah, serta pertukaran pemuda antar negara. Dari sisi pengembangan jiwa kesukarelawanan dengan melaksanakan berbagai pelatihan pemuda tanggap bencana serta program relawan pemuda rawan sosial.

Upaya Deputi Pengembangan Kepemudaan di Masa Pandemi COVID-19?

Di masa pandemi COVID-19 hampir semua sektor mengalami berbagai hambatan. Khususnya dalam pengembangan pemuda, hambatan tatap muka serta penerapan protokol kesehatan diadaptasi dalam proses pelayanan kepemudaan. Ada beberapa kegiatan yang menyesuaikan diantaranya, kegiatan pengembangan kepemimpinan yang dimasa normal dilakukan tatap muka, maka saat pandemi Covid-19 kegiatan dilaksanakan secara daring (online), begitu juga dengan berbagai aktivitas serupa.

Kuliah kewirausahaan dengan melibatkan berbagai perguruan tinggi dan pondok pesantren berjalan dengan mekanisme daring juga (online), dari sisi subtansi dan kualitas bisa dipastikan tidak ada yang berubah, akan tetapi hanya dibedakan media interaksi yang digunakan. (Lihat videonya: Bakso Merah Putih Hidangan Menyambut Hari Kemerdekaan)

Apa yang harus dilakukan masa Covid-19 ini?

Partisipasi pemuda sangat dibutuhkan untuk membantu bersama-sama dalam memerangi Pandemi Covid-19 ini dan patut terus didorong oleh semua kalangan. Pemerintah akan terus memfasilitasi kegiatan kesukarelawanan pemuda dalam membantu masyarakat turut didorong dengan memberikan pembiayaan-pembiayaan kegiatan sosialisasi Covid-19 yang dilaksanakan oleh pemuda, disiapkan juga bantuan kepada wirausahawan muda yang mengalami hambatan usaha yang disebabkan oleh Covid-19, begitu juga untuk para wirausaha yang dapat membantu menggerakkan ekonomi masyarakat dalam bentuk sociopreneurship. (Syarif Wibowo)
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1187 seconds (0.1#10.140)