Wabah Covid-19, Tantangan Pengembangan Pemuda untuk Indonesia Maju

Selasa, 18 Agustus 2020 - 11:14 WIB
loading...
A A A
Wabah ini adalah masalah bersama, masalah bangsa dan negara, oleh karena itu dalam penyelesaiannya pun juga harus bisa dilakukan bersama-sama, tentunya dengan menjaga kepentingan bersama dan komitmen rela berkorban. Dengan situasi seperti ini sangat relevan dan sangat dibutuhkan jiwa kepeloporan, jiwa pengorbanan serta kepahlawanan di kalangan pemuda, karena sejarah perubahan selalu diwarnai oleh peranan kaum muda, dengan kreatifi tas dan inovasi serta komitmen untuk menjadi agen perubahan sosial melalui kepeloporannya.

Bagaimana seharusnya sikap pemuda melihat kondisi seperti ini?

Kondisi saat ini sebaiknya dapat diambil hikmahnya dengan bijak, perjuangan para generasi muda untuk membangkitkan kembali rasa semangat masyarakat yang dibutuhkan dalam menyambut dan menyongsong Indonesia Lebih Maju. Apalagi hari kemerdekaan bangsa Indonesia di tengah Pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, kita akan tetap dapat memaknai hari kemerdekaan bangsa Indonesia dengan khidmat, serta mengenang kembali perjuangan para pahlawan nasional dalam merebut kemerdekaan dari penjajah.

Semangat nasionalisme para generasi muda yang akan membuat negara kita maju hingga dapat mengguncangkan dunia dengan sejuta kebanggaan. Singsingkan lengan baju untuk bersama bahu membahu merayakan hari kemerdekaan NKRI dengan semangat untuk Indonesia Maju.

Bagaimana Pengembangan Kepemudaan saat ini?

Pengembangan Pemuda yang menjadi amanah undang-undang Kepemudaan No 40 tahun 2009 meliputi Kepemimpinan, Kewirausahaan, Kepeloporan dan kesukarelawanan Pemuda, standarisasi dan infrastrusktur pemuda, dan apresiasiasi pemuda.

Salah satu instrument yang bisa digunakan dalam proses pengembangan kepemudaan yakni koordinasi lintas sektor pelayanan kepemudaan dengan memaksimalkan peran berbagai kementerian atau lembaga yang memberikan pelayanan kepada pemuda. (Baca juga: Bangun Jalan Tol Terpanjang di Indonesia, HUtama Karya Pakai Produk Lokal)

Pemuda sekarang tentunya juga harus bangkit dan mampu melakukan perubahan terutama dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan untuk mewujudkan kemandirian ekonomi dan memulihkan kembali Bangsa Indonesia untuk lebih maju .

Bagaimana upaya Pengembangan Kepemimpinan Pemuda saat ini?

Pengembangan Kepemimpinan Pemuda berdasarkan prioritas kementerian pemuda dan olah raga tahun 2020-2024 diarahkan untuk penguatan karakater daya saing, inovatif, kreatif, menumbuhkan semangat kewirausahaan, serta penguatan Ideologi Pancasila dan karakter serta budaya dikalangan pemuda.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2000 seconds (0.1#10.140)