Profil Singkat 4 Menteri yang Dipanggil MK dalam Sidang Sengketa Pilpres 2024

Selasa, 02 April 2024 - 13:28 WIB
loading...
A A A
Airlangga meraih gelar sarjana teknik di jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada. Lalu lanjut studi di Advanced Management Program (AMP) Wharton School, University of Pennsylvania, Amerika Serikat.

Kemudian ia meraih gelar Master of Business Administration (MBA), Monash University, Melbourne-Australia. Setelah itu meraih gelar Master of Management Technology (MMT), Melbourne Business School - University of Melbourne Australia.

3. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati


Sri Mulyani Indrawati lahir di Bandar Lampung pada tanggal 26 Agustus 1962. Sri Mulyani pertama kali menjadi Menteri Keuangan pada 5 Desember 2005 semasa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Di tahun 2008, ia menjabat Pelaksana Tugas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian setelah Menko Perekonomian Dr. Boediono dilantik sebagai Gubernur Bank Indonesia.

Kemudian pada 1 Juni 2010 Sri Mulyani Indrawati menjadi Direktur Pelaksana Bank Dunia. Pada tanggal 27 Juli 2016, Sri Mulyani dilantik oleh Presiden Joko Widodo menjadi Menteri Keuangan kembali dalam Kabinet Kerja.

Pada 23 Oktober 2019, Sri Mulyani Indrawati terpilih kembali untuk menjabat sebagai Menteri Keuangan pada periode kedua pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Jabatan ini adalah jabatan Menteri Keuangan yang ketiga kalinya bagi Sri Mulyani pada kabinet yang berbeda.

Sri Mulyani menyelesaikan pendidikan dan memperoleh gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Indonesia (1986).

Ia melanjutkan pendidikannya di University of Illinois Urbana Champaign, Amerika Serikat dan mendapatkan gelar Master of Science of Policy Economics (1990). Setelah itu ia mendapatkan gelar Ph.D of Economics (1992).

4. Menteri Sosial Tri Rismaharini


Tri Rismaharini lahir di Kediri, 20 November 1961. Alumnus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya ini diangkat menjadi Menteri Sosial sejak tahun 2020 hingga sekarang.

Risma sebelumnya menjabat sebagai Wali Kota Surabaya periode 2010-2020. Ia juga pernah menjabat sebagai Kepala Bappeko Surabaya, Kelapa Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Surabaya ini, dan jabatan lainnya di Surabaya.

Risma menempuh pendidikan di SDN Kediri yang kemudian melanjutkan pendidikan ke SMPN X Surabaya. Setelah itu ia melanjutkan sekolah di SMAN V Surabaya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1353 seconds (0.1#10.140)