KIPP: Sangat Mungkin Suara Perindo Dialihkan ke Partai Lain

Senin, 26 Februari 2024 - 06:53 WIB
loading...
KIPP: Sangat Mungkin Suara Perindo Dialihkan ke Partai Lain
Sekjen KIPP Kaka Suminta menilai dugaan pengalihan suara Partai Perindo ke partai lain sangat memungkinkan. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sekjen Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Kaka Suminta menilai dugaan pengalihan suara Partai Perindo ke partai lain sangat memungkinkan. Hal itu menyusul raihan suara Partai Perindo yang kian menyusut seiring berjalannya waktu.

"Sangat mungkin, masih mungkin. Kemungkinan ada dua, antarcaleg dalam satu partai itu sudah ramai, kemudian potensi juga ketika terjadi di antara partai politik peserta pemilu," kata Kaka, Minggu (25/2/2024) malam.

Dia menilai form C hasil yang diunggah oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) ke aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) sebenarnya masih banyak permasalahan kesalahan data. Namun, tahapan perhitungan suara saat ini, sudah masuk di tingkat kecamatan.



"Oleh sebab itu saya berpikir bagaimana KPU menyandingkan, memberikan tayangan tentang C hasil ini, sementara kalau kita perhatikan ini sudah bergeser dari C hasil ke model D. Model itu hasil dari kecamatan, PPK, nah model D ini merupakan hasil dari proses C hasil pemilu 2024. Artinya sebuah dokumen yang sudah mengalami revisi, edit dan penjumlahan dari TPS," ucapnya.

"Nah kekhawatiran kita adalah ketika masuk model D, proses model C ini seakan akan sudah selesai, sebenernya tidak, dan kekhawatiran kita adalah ini sulit untuk diungkap," sambungnya.

Untuk diketahui, kejanggalan dalam proses penghitungan suara masih terjadi pada H+8 pemungutan suara di Pemilu 2024. Raihan suara Calon Legislatif (Caleg) DPR RI Dapil Jawa Timur VI dari Partai Perindo, Venna Melinda misalnya. Suara aktris ternama Indonesia ini kian menyusut dari data penghitungan real count oleh KPU.



Dari pantauan di situs https://pemilu2024.kpu.go.id/ Venna meraih suara 17.069 suara pada 20 Februari 2024 per pukul 04.00. Suara Venna terkikis menjadi 10.957 pada data yang diperbaharui pukul 09.00 pada 22 Februari 2024. Bila dikalkulasikan, ada 6.112 suara Venna hilang dalam kurun waktu dua hari.

Tak hanya Venna, suara Caleg DPR RI Dapil Jawa Timur VI dari Partai Perindo yang lain juga hilang. Caleg DPR RI Jeannie Maria Monica Latumahina, misalnya, yang mendapat 7.374 suara pada 20 Februari 2024 terkikis menjadi 1.604 suara pada 22 Februari 2024.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3288 seconds (0.1#10.140)