Penegakan Hukum dan Investasi dalam Bidang Usaha

Jum'at, 02 Februari 2024 - 18:01 WIB
loading...
A A A
Sedangkan diketahui bahwa pendekatan normatif di dalam UU Nomor 31 Tahun 1999 yang diubah UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Korupsi (UU Tipikor) telah mengamanatkan aparatur penegak hukum untuk berhati-hati ketika kerugian keuangan negara terjadi di sektor dunia usaha termasuk di sektor birokrasi yang hanya melakukan tindak pidana administratif seperti UU Perbankan dan UU Kehutanan dan lain-lain. Hal ini disebabkan beberapa hal. Pertama, UU Tipikor tidak berlaku untuk semua jenis pelanggaran kecuali pelanggaran administratif yang secara tegas dinyatakan sebagai tipikor (lihat Pasal 14 UU Tipikor), seperti halnya di dalam UU Tata Cara Perpajakan yang menyatakan bahwa, fiskus yang secara melawan hukum memperoleh keuntungan dari wajib pajak diancam sebagai tindak pidana tipikor sebagaimana diatur dalam Pasal 12 e UU Tipikor.

Harus dipastikan oleh aparatur hukum termasuk hakim pengadilan tipikor bahwa lingkup kewenangan pengadilan tipikor hanya meliputi tiga jenis tindak pidana, yaitu tindak pidana korupsi, tindak pidana pencucian uang yang berasal dari tipikor, dan tindak pidana lain yang dinyatakan secara tegas sebagai tipikor (lihat Pasal 6 huruf c UU Pengadilan Tipikor). Selain ketiga jenis tindak pidana tersebut tidak dibolehkan diperiksa, dituntut, dan diadili sebagai tipikor.

Hal kedua, pendekatan hukum normatif dalam penegakan hukum terhadap kasus-kasus yang melibatkan sektor bisnis seharusnya digunakan pendekatan "cost-benefit analysis" bukan semata cukup dengan pendekatan "benar dan salah" (asas tiada pidana tanpa kesalahan). Seharusnya digunakan analisis pendekatan "tiada pidana tanpa kesalahan, tiada kesalahan tanpa kemanfaatan)- geen straf zonder schuld, geen schuld zonder nut. Pendekatan terakhir ini telah memadukan analisis hukum pidana dengan analisis prinsip ekonomi: maksimisasi(maximization), keseimbangan (equilibrium), dan efisiensi (efficiency) dan tujuan kepastian, keadilan, dan kemanfaatan sehingga sekalipun tujuan hukum pidana telah diperoleh akan tetapi perolehan tujuan tersebut harus seimbang, maksimal dan efisien bagi pembangunan ekonomi secara keseluruhan.



Saat ini yang telah terjadi adalah ketidakseimbangan, tidak maksimal dan tidak efisien hasil pemberantasan korupsi sehingga keadaan hunian di Lapas semakin overkapasitas dengan segala ekses-ekses negatif daripadanya, dan biaya APBN Kementerian Hukum dan HAM khususnya Ditjen Pemasyarakatan selalu membengkak setiap tahunnya sedangkan hasil yang diperoleh dengan pendekatan asas tiada pidana tanpa kesalahan sejatinya nihil terutama bagi kemanfaatan masyarakat luas.

Kekeliruan persepsi aparat penegak hukum dalam menghadapi dugaan tipikor pada umumya adalah selalu difokuskan pada ada/tidaknya kerugian keuangan negara -pada akibatnya sedangkan sejalan dengan ajaran sebab-akibat (causalitets leer) seharusnya ditemukan terlebih dulu dua bukti permulaan yang cukup ada/tidaknya perbuatan yang kemudian dapat menimbulkan kerugian keuangan negara.

Contoh dalam Pasal 2 dan Pasal 3 UU Tipikor titik berat perhatian dan fokus penyidik seharusnya pada mens-rea yang melekat pada tindakan seseorang pejabat atau ASN atau pegawai BUMN bukan fokus pada ada/tidaknya kerugian keuangan negara yang merupakan akibat dari perbuatan melawan hukum atau penyalahgunaan wewenang karena berlawanan secara teoritik hukum mengenai teori sebab akibat suatu tindak pidana. Konsekuensi logis dari kekeliruan teoritik dalam pembuktian ada tidaknya tipikor bahwa, penyidik selalu memintaBadan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk mencari dan menemukan kerugian keuangan negara dari dugaan adanya tipikor.

Di sisi lain, BPK di dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas permintaan penyidik selalu dicantumkan kalimat ada penyimpangan yang menimbulkan kerugian keuangan negara dalam suatu pemeriksaan investigatif, sedangkan objek pemeriksaan sejatinya bukan pada ada tidak adanya perbuatan melawan hukum atau penyalahgunaan wewenang dari suatu peristiwa diduga tipikor akan tetapi pada ada tidak adanya kerugian keuangan negara semata-mata, sehingga kemudian penempatan kalimat "penyimpangan" seharusnya dilengkapi dengan sebutan, "Penyimpangan yang secara administratif" wajib dipertanggungjawabkan oleh setiap pelakunya dan pembuktian ada/tidaknya unsur perbuatan melawan hukum atau penyalahgunaan wewenang terletak pada penyidik. Namun tidaklah serta-merta dapat dipastikan bahwa penyimpangan secara administratif itu diklaim sebagai perbuatan melawan hukum/PMH atau penyalahgunaan wewenang. Keduanya berbeda secara etimologis maupun secara hukum.

Kekeliruan penafsiran hukum dalam praktik hukum pidana ini sering terjadi sehingga diperlukan ketelitian dan kehati-hatian penyidik dan auditor BPK sebagai pejabat fungsional yang oleh UU BPK telah dinyatakan secara tersirat hasil pemeriksaan melengkapi tugas pro justitia penyidikan.
(zik)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1806 seconds (0.1#10.140)