Soal Isu Koalisi Anies-Ganjar, Jusuf Kalla: Bagus, Demi Kemajuan Bangsa

Senin, 15 Januari 2024 - 20:29 WIB
loading...
Soal Isu Koalisi Anies-Ganjar, Jusuf Kalla: Bagus, Demi Kemajuan Bangsa
Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Republik Indonesia, Jusuf Kalla (JK) menilai isu koalisi capres Anies Baswedan dengan Ganjar Pranowo bagus demi memajukan bangsa Indonesia. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Republik Indonesia, Jusuf Kalla (JK) menanggapi terkait isu koalisi pasangan calon (paslon) capres-cawapres nomor urut 1, Anies-Muhaimin dan nomor urut 3, Ganjar-Mahfud di putaran kedua. Menurutnya ide tersebut bagus demi memajukan bangsa Indonesia.

"Politik ini tidak ada lawan dan kawan abadi yang ada ialah kepentingan yang abadi untuk memajukan bangsa ini memenangkan pemilu dan sebagainya. Jadi memang harus bersama-sama dibutuhkan kebersamaan,"katanya, di Perpustakaan Nasional, Jakarta, Senin (15/1/2024).

Adapun keputusan itu, kata JK, merupakan keputusan pimpinan partai. Namun dia menilai ide koalisi sungguh bagus. "Yang harus memutuskan bukan saya tapi idenya oke, tapi para pimpinan partai berkoalisi itu kan pimpinan partai,"ucapnya.



Sebagai informasi, isu mengenai koalisi antara kubu Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan untuk putaran kedua di Pemilu 2024 santer terdengar. Bahkan JK juga turut berkomentar mengenai isu tersebut. JK mengatakan, koalisi baru biasanya muncul berdasarkan urutan pemenang partai politik (parpol) dalam Pemilu 2024.

"Biasanya yang selalu bersatu itu, yang nomor, artinya partai yang rankingnya ya bukan nomornya, ranking 2 dan 3 biasanya itu sehingga bikin koalisi baru. Saya juga dulu waktu 2004 kan banyak partai itu ada koalisi baru tapi kita tetap menang," kata JK saat ditemui di kediamannya, Jalan Brawijaya, Jakarta Selatan, Rabu, 10 Januari 2024.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2055 seconds (0.1#10.140)